Hadirkan Prof Sangidu, UIN Gelar FGD Penguatan Jejaring Kerjasama

  • Admin Humas
  • Senin, 02 Oktober 2023
  • 647 Tampilan
blank
Prof Sangidu saat menerangkan pemaparan dalam FGD, Senin (02/10)

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus meningkatkan sinergi dengan melakukan pendekatan dan aktivitas kerja sama dengan kampus dalam negeri maupun luar negeri.

Melalui International Office,  UIN RIL menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Jejaring Kerjasama antara UIN Raden Intan Lampung dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Kampus Mitra di Timur Tengah.

FGD berlangsung di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center kampus setempat, Senin (02/10/2023).

“Kegiatan ini menjadi derivasi program pimpinan UIN RIL yaitu internasionalisasi. Tentu hal tersebut dihasilkan melalui kerjasama yang kita sinergikan,” ungkap Wakil Rektor III Prof Dr Idrus Ruslan MAg dalam sambutannya mewakili Rektor.

Dalam FGD tersebut, menghadirkan Prof Dr Sangidu MHum, Guru Besar Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM dan Prof Tamer Sa’ad Ibrahim Khedr dari Suez Canal University, kampus peringkat pertama di Mesir.

Di hadapan jajaran pimpinan UIN RIL dan mahasiswa yang hadir, Prof Sangidu menyampaikan pengalamannya dalam melakukan kerjasama pendidikan dan kebudayaan di berbagai negara, khususnya di Cairo, Mesir. 

Guru Besar yang pernah menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo itu mengatakan, kerjasama yang dibangun selain menjalin komunikasi dan berjejaring dengan baik, juga melalui pendekatan budaya dan senantiasa menanamkan kebaikan. Tak hanya itu, ia juga memaparkan skema Twinning Program yang mempercepat meraih gelar strata dengan dua gelar seusai lulus kuliah.

blank
Jajaran pimpinan UIN RIL bersama Prof Sangidu dan Prof Tamer (tengah)

Sementara Prof Tamer Sa’ad Ibrahim Khedr dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas  penyambutan hangat dari UIN Raden Intan Lampung. Prof Tamer mengaku senang akan mengajar di kampus hijau UIN Raden Intan Lampung. Ia dijadwalkan mengisi perkuliahan di beberapa prodi dan pascasarjana selama 1 bulan ke depan.

Selain FGD, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Fakultas Adab (FA) UIN RIL dengan FIB UGM. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd, Dekan FA Dr H Ahmad Bukhari Muslim Lc MA dengan Prof Sangidu. (An/AH)