Hari Pertama Seleksi UM-PTKIN 2023, 3570 Peserta Ikuti Tes di UIN RIL

  • Admin Humas
  • Senin, 29 Mei 2023
  • 1650 Tampilan
blank
Rektor UIN RIL didampingi WR I dan Ketua PTIPD saat meninjau pelaksanaan SSE-UMPTKIN 2023

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) memulai hari pertama seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023 di Gedung ICT, Senin (29/05/2023). Pelaksanaan ini juga dilaksanakan secara serentak oleh 59 PTKIN di seluruh Indonesia.

Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD meninjau langsung pelaksanaan SSE UM-PTKIN didampingi Wakil Rektor (WR) I Prof Dr H Alamsyah MAg dan Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Dr Achi Rinaldi MSi.

Dalam tinjauannya pada 7 ruang ujian yang tersedia, Rektor menyampaikan harapan pelaksanaan ujian agar berjalan dengan lancar dan tertib. Prof Wan juga menghimbau agar panitia lokal (panlok) harus selalu sigap memberikan petunjuk dan bantuan kepada para peserta yang membutuhkan.

“Alhamdulillah jumlah pendaftar UM-PTKIN kita masuk peringkat 7 dan tercatat angka 10495 peserta yang memilih untuk kuliah di kampus hijau UIN Raden Intan Lampung, “ ujarnya.

Jumlah tersebut merupakan total pilihan pertama, kedua, dan ketiga dari para pendaftar. Prof Wan mengatakan, atas nama pimpinan dan sivitas akademika UIN siap menyambut kehadiran para mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Ujian yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) pada panlok UIN Raden Intan Lampung ini akan berlangsung selama 7 hari mulai tanggal 29 – 31 Mei dan tanggal 5-8 Juni 2023.

blank

WR I Prof Alamsyah mengatakan bahwa jumlah peserta yang tes di UIN RIL tercatat 3570 peserta, terbagi dalam 42 sesi peserta, yang setiap harinya terbagi menjadi 3 sesi.

“Kami telah mempersiapkan segala fasilitas dan sarana prasarana untuk menunjang keberlangsungan pelaksanaan ujian. Semoga para calon mahasiswa dapat mengikuti ujian dengan baik, dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” kata Wakil Bidang Akademik dan Kelembagaan sekaligus Ketua Panitia itu.

Pelaksanaan tes ini juga dimonitoring oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Inspektur Jenderal Kemenag, Panitia Nasional, serta unsur pimpinan Kementerian Agama dan pimpinan PTKIN.

Hasil UM-PTKIN akan diumumkan pada 23 Juni 2023 di laman https://um-ptkin.ac.id/ dan https://www.pmb.radenintan.ac.id/. (An/AH)