Hasil Evaluasi Penilaian Oleh Itjen, SPI UIN RIL Raih Nilai 82

  • Admin Humas
  • Kamis, 15 Desember 2022
  • 862 Tampilan
blank
Ketua Tim Pemantau Itjen Kemenag RI (dua dari kanan) saat memaparkan penilaian kinerja SPI UIN RIL, Kamis (15/12/2022).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN Raden Intan Lampung raih skor penilaian kinerja 82. Hal tersebut disampaikan saat exit meeting hasil pemantauan dan evaluasi peran SPI pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) oleh Tim Pemantau Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Kepala Biro AUPK UIN RIL ini, dihadiri oleh Tim Itjen yang terdiri dari 4 orang, yaitu Mardani Rifianto (Ketua Tim Pemantau), Tyan Restiyani (anggota), Bella Diniyah Putri (anggota) dan Muhamad Syaiful Afif (anggota). 

Selama 3 hari (13-15 Desember 2022), SPI UIN RIL memaparkan hasil kerja yang telah dilaksanakan dan selanjutnya diberikan penilaian oleh Tim Itjen Kemenag RI.

Adapun instrumen penilaian kapabilitas pelaksanaan pengawasan intern terbagi atas beberapa elemen, diantaranya peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, serta struktur tata kelola.

blank
Suasana pemantauan dan evaluasi peran SPI UIN RIL.

Kepala SPI Dr Nanang Supriadi MSc menyampaikan bahwa penilaian kali ini mengalami peningkatan cukup signifikan yang semula 62% kini menjadi 82%. “Alhamdulillah hasil pemaparan mendapatkan 82%,” ucapnya.

Nanang menambahkan capaian ini menunjukan peran SPI di lingkungan UIN Raden Intan Lampung sudah semakin baik walaupun masih ada beberapa kekurangan, hal ini akan menjadi catatan untuk evaluasi dan perbaikan kedepan.

Sementara Kepala Biro (Karo) Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (AAKK) sekaligus Plt Karo Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian (AUPKK) UIN Raden Intan Lampung, Dr H Abdul Rahman MPd, menyebutkan terkait dengan apa yang belum terpenuhi berdasarkan penilaian yang dilakukan menjadi hal yang perlu ditindaklanjuti.

“Ini rambu-rambu yang memang harus kami tindak lanjuti, InsyaAllah kami akan berusaha dengan SPI, dan seluruh pimpinan akan evaluasi program kecil maupun besar,” ujar Karo usai pemaparan dari Itjen. Dia menambahkan bahwa berkomitmen akan melakukan dengan semakin baik lagi. (An/HI)