Home » Berita » HMPS Tasawuf Gelar Seminar Penerapan Teknologi di Bidang Psikoterapi

HMPS Tasawuf Gelar Seminar Penerapan Teknologi di Bidang Psikoterapi

Sudah dibaca : 467 Kali


Ketua HMPS Tasawuf dan Psikoterapi bersama narasumber. (Dok. Ist)

Prodi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) melalui Himpunan Mahasiswa Proram Studi (HMPS) selenggarakan seminar dengan tema Sosialisasi Penerapan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 Sebagai Sistem Instrumentasi di Bidang Psikoterapi.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa ini berlangsung Senin (15/2/2021), di aula FUSA secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan,. Hadir sebagai narasumber yakni Sabar MSi CH CHT CBNSP (dosen ITERA) dan Willia Novi Aryani MA  (dosen UIN Raden Intan Lampung).

Ketua HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Dwi Ayu Cahyani berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan terkait bidang psikoterapi yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. “Peserta seminar khususnya mahasiswa prodi Tasawuf dan Psikoterapi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman untuk mempersiapkan softskill terhadap perkembangan teknologi di bidang psikoterapi,” katanya.

Sementara itu, Sabar menyampaikan materi tentang berbagai macam teknologi yang digunakan dan sedang berkembang dibidang psikoterapi. “Teknologi di masa depan seperti AI (artificial intelligence) akan mengungguli dokter dalam memberikan diagnosis kepada pasien yang memiliki gangguan mental. Dalam teknologi dibidang psikoterapi pun sedang dikembangkan robot yang bisa digunakan untuk teman curhat, yang diharapkan tidak kalah seperti curhat kepada manusia,” ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Sabar tentang teknologi yang dapat membaca hasil dan memberikan diagnosis, dengan membaca media sosial yang digunakan oleh pasien.

Dikesempatan yang sama, Willia memaparkan tentang teknik psikoterapi yang digunakan oleh psikoterapis dalam menangani pasien yang memiliki masalah kesehatan mental. Dari pemaparan kedua materi tersebut, mahasiswa juga diharapkan mampu mengimbangi, mempersiapkan diri, serta menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang. (Rls—NF/HI)