Inspiratif, Mahasantri Ma’had Al Jami’ah Khatam 8 Kali dalam 16 Hari

  • Admin Humas
  • Senin, 01 April 2024
  • 870 Tampilan
Mudir Ma’had Al Jami’ah saat memberikan sertifikat penghargaan kepada Yunda Fratma Nisa

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Salah satu mahasantri Ma’had Al Jami’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Yunda Fratma Nisa, meraih penghargaan inspiratif.

Ia memperoleh penghargaan pada kategori tilawah terbanyak dalam program kegiatan Kampus Ramadhan (Karama) yang ke XIII dan Daurah Ramadhaniyah yang telah berlangsung selama 20 hari.

Dengan tekun dan penuh semangat, Mahasiswi Program Studi (Prodi) Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) itu sanggup mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 8 kali dalam 16 hari. Jika dirata-rata, ia khatam sekali dalam dua hari.

Saat diwawancarai, Yunda mengungkapkan perasaannya bahwa ia senang dapat mengkhatamkan Al Quran 8 kali.

“Saya merasa senang bisa mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 8 kali tetapi lebih senangnya lagi jika mengkhatamkannya secara bilhifdzi/bilghoib atau hafal dan bisa membaca tanpa melihat teks Al Quran,” ungkap Yunda.

Untuk bisa mengkhatamkan Al Quran sebanyak itu, Yunda biasanya tadarus di sela-sela waktunya berkuliah sekaligus nyantri.

Mudir Ma’had Al Jama’ah, Muhammad Nur MHum memberikan sertifikat penghargaan secara langsung pada penutupan acara Karama, Sabtu malam (30/03).

Ustadz Nur, sapaan akrabnya, menyampaikan, Ma’had Al Jami’ah telah melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan dan pencapaiannya luar biasa.

Ia juga menuturkan, prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi Mahad, melainkan bagi semua kalangan. Ustadz Nur berharap hal ini dapat menginspirasi dan menularkan hal positif bagi mahasantri maupun umat muslim lainnya.

“Kami mengucapkan selamat atas pencapaian gemilangnya. Semoga perjuangan dan semangatnya terus membawa keberkahan bagi semua,” ujar Nur. 

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada mahasantri dengan kategori buku Ramadhan terbaik, kultum terbaik, imam dan bilal terbaik, dan artikel terbaik. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi mahasantri yang berusaha dengan giat dalam mengikuti kegiatan selama Ramadhan ini. 

Adapun Karama tahun ini mengangkat tema Berbagi Kemuliaan di Bulan Ramadhan “BERLIAN”. Kegiatan ini dilaksanakan sehari semalam penuh yang diisi dengan kegiatan tahajud bersama, sahur, sholat 5 waktu berjamaah, sholat dhuha, dan tadarus al-Quran di Masjid Safinatul Ulum UIN. Setelah shalat tarawih dilanjutkan kitab hadits dan kajian tematik yang diikuti oleh seluruh mahasantri Ma’had Al-Jami’ah asrama 1 dan 2. (AST/An/AH)