Internasionalisasi, UIN RIL Jalin Kerja Sama dengan Kedubes RI untuk Tunisia

  • Admin Humas
  • Senin, 27 Desember 2021
  • 1151 Tampilan
Dubes RI untuk Republik Tunisia Zuhairi Misrawi (kedua dari kiri) dan Rektor UIN RIL Prof. Mukri (kedua dari kanan) usai penandatanganan MoU di ruang kerja Rektor, Jumat (24/12/2021).

Dalam proses internasionalisasi lembaga, UIN Raden Intan Lampung (RIL) terus menjalin hubungan dan kerja sama dengan lembaga dan perguruan tinggi luar negeri. Jumat (24/12/2021), UIN RIL jalin kerja sama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) RI untuk Republik Tunisia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UIN RIL Prof Dr Moh Mukri MAg dengan Dubes RI untuk Republik Tunisia Zuhairi Misrawi di kampus UIN RIL.

Zuhairi mengatakan, UIN RIL merupakan salah satu UIN terbaik di Indonesia. “Suasananya sangat menyenangkan, menggembirakan, sangat pas untuk mahasiswa belajar di kampus ini,” ungkapnya.

Dia siap mendorong UIN RIL menjadi kampus yang berlevel internasional. “Karena secara infrastruktur sudah sangat siap. Ada kampus yang baik, ada masjid yang baik, ada guru besar yang mempunyai basis keilmuan yang kuat, ada perpustakaan yang mendorong untuk itu. Maka saya sebagai duta besar siap mempromosikan UIN Raden Intan Lampung ini,” ujarnya menjelang penutupan Muktamar ke-34 NU di kampus UIN RIL.

Menurutnya, perkembangan perguruan tinggi di Indonesia, khususnya UIN RIL dapat menjadi salah satu kekuatan diplomasi di Indonesia. “Bahwa bersamaan dengan tumbuhnya demokrasi, tumbuhnya ekonomi, perguruan tinggi juga tumbuh. Maka saatnya ada pertukaran antara kampus-kampus besar di Tunisia terutama Zaituna, Toiruan, Tunis University dengan UIN Raden Intan Lampung ini,” tambahnya.

Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIN mengapresiasi sambutan hangat Dubes Zuhairi untuk menandatangani MoU. Dia menuturkan, UIN RIL merupakan kampus yang sedang tumbuh.

“Alhamdulillah, banyak capaian yang sudah diraih. Begitu juga penghargaan dan beragam apresiasi untuk UIN Raden Intan. Saat ini, kampus ini sedang melakukan proses internasionalisasi, diantaranya melalui kerja sama ini,” pungkas Prof Mukri. (NF/HI)