Jurnal Ilmiah UIN Tunjukkan Tren Positif

  • Admin Humas
  • Senin, 21 Oktober 2019
  • 5272 Tampilan
blank

Hingga tahun 2019, UIN Raden Intan Lampung memiliki 27 jurnal ilmiah yang telah ber-ISSN. Jurnal-jurnal tersebut tersebar pada fakultas, lembaga penelitian dan pengabdian, program pascasarjana, jurusan serta program studi.

Jumlah tersebut akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya fakultas, program studi, maupun lembaga baru di UIN Raden Intan Lampung. Dari jumlah tersebut sebanyak 16 jurnal yang terakreditasi Science and Technology Index (Sinta) Kementerian Riset Tekonologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dengan peringkat Sinta 2 sebanyak 7 jurnal, Sinta 3, sebanyak 3 jurnal dan 6 jurnal berperingkat Sinta 4.

Sinta merupakan sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja para peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta juga memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, serta menganalisis tren penelitian dan direktori ahli.

Per-Oktober 2019, UIN Raden Intan masuk kedalam 100 top afiliasi versi Sinta yaitu peringkat 69 dari 4791 lembaga/perguruan tinggi. Kemudian peringkat ketiga untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) setelah UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ketua Rumah Jurnal UIN Dr Fauzan menyampaikan akan terus mengupayakan jurnal-jurnal ilmiah di UIN agar mutunya terus meningkat. Rumah Jurnal menargetkan pada 2022, menjadi lembaga berkualitas dalam mengawal dan meningkatkan mutu publikasi ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Kita juga akan berupaya mewujudkan jurnal-jurnal potensial agar dapat terindeks di pengindeks bereputasi internasional seperti Scopus dan Web of Science,” terangnya, Jumat (18/10).  

Fauzan menambahkan bahwa pimpinan UIN sangat perhatian dalam hal peningkatan publikasi ilmiah. “Untuk publikasi ilmiah ini, pimpinan UIN Raden Intan menyediakan fasilitas dan penganggaran yang memadai,” pungkasnya.

Terkait dengan sebaran jurnal, Jurnal di tingkat universitas (UIN) terdapat 2 jurnal. Kemudian dimasing-masing fakultas dan program pascasarjana (PPs) yaitu Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 6 jurnal; Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 2 jurnal; Fakultas Syariah (FS) 2 jurnal; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 1 jurnal; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 13 jurnal; dan PPs 1 jurnal.

Seluruh jurnal tersebut telah menggunakan sistem daring dengan Open Journal System (OJS), sehingga dapat diakses setiap saat pada laman http://ejournal.radenintan.ac.id. (NF/HI)