Home » Berita » Kategori Sub-Urban, UIN Lampung Peringkat 100 Dunia

Kategori Sub-Urban, UIN Lampung Peringkat 100 Dunia


Masjid Safinatul Ulum dan lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung

Humas UIN RIL – UIN Raden Intan Lampung menduduki peringkat ke-100 kategori sub-urban (pinggiran kota) diantara perguruan tinggi se-dunia. Peringkat tersebut merupakan penilaian dari UI Greenmetric terkait kampus hijau dan berwawasan lingkungan.

Dari 6 bidang yang dinilai UI Greenmetric, UIN Lampung mendapat total skor 4800. Dari jumlah tersebut, penataan dan infrastruktur mendapat skor 1050; energi dan perubahan iklim 1000; limbah 450; air 425; transportasi 1050; serta pendidikan dan penelitian 825.

Selain itu, dalam laman UI Greenmetric, UIN Lampung juga menduduki peringkat 114 diantara perguruan tinggi tingkat Asia.

Dengan adanya peringkat tersebut, menurut Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg, jadi tahu apa yang segera untuk ditingkatkan oleh UIN. Hal ini mengingat visi UIN sebagai kampus  rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan.

“Ini tugas kita bersama.  Bukan hanya tenaga kebersihan yang bertugas, tapi juga kesadaran kita semua untuk menjaga kebersihan dan lingkungan kampus serta hal lain dalam pengembangan menuju green campus,” ungkap Prof Mukri seperti dirilis sebelumnya, Kamis (20/12/2018).

Untuk mewujudkan visi tersebut, UIN memiliki misi yaitu, pertama, menyelenggarakan pendidikan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional. Kedua, mengembangkan riset ilmu keislaman integratif-multidisipliner yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan lingkungan.

Ketiga, menyelenggarakan pengabdian berbasis riset untuk kepentingan pengembangan masyarakat dan lingkungan. Kemudian, menjalin kerja sama dalam dan luar negeri untuk penguatan kelembagaan. (NF/HI)

Sudah dibaca : 386 Kali