Kekuatan Riset dan Diplomasi UIN Raden Intan Lampung Dibalik Gelar Pahlawan KH Ahmad Hanafiah

  • Admin Humas
  • Jumat, 10 November 2023
  • 1137 Tampilan
oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. H. Wan Jamaluddin Z, M.Ag, Ph.D

Provinsi Lampung resmi memiliki dua pahlawan nasional setelah Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan kepada KH Ahmad Hanafiah, seorang ulama dan pejuang kemerdekaan asal Sukadana, Lampung Timur pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2023 di Istana Negara.

KH Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan nasional bersama lima tokoh lainnya dari luar Lampung. Bertambahnya pahlawan nasional asal Lampung ini tentu anugerah yang wajib disyukuri oleh masyarakat Lampung, bahwa sejak tahun 1987 Lampung hanya memiliki satu Pahlawan Nasional yakni Raden Intan.

Kesuksesan dalam memperjuangkan gelar pahlawan ini tentu tidak lepas dari peran berbagai pihak, antara lain Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, UIN Raden Intan Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung dan tentunya masyarakat Lampung secara umum. Khusus UIN Raden Intan Lampung, kesuksesan ini terletak pada soliditas tim, peneliti dan diplomasi yang dilakukan sejak awal hingga keluarnya surat dari Kementerian Sekretariat Negara Nomor R-12/KSN/SMGT.02.00/11/2023 tentang Pemberitahuan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023.

Soliditas dan Kekuatan Riset

Penganugerahan gelar pahlawan KH Ahmad Hanafiah ini menjadi kado terindah untuk UIN Raden Intan Lampung yang baru saja dies natalis ke-55 secara khusus dan masyarakat Lampung secara umum. Disetujuinya KH Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan tentu tidak bisa dilepaskan dari kerja-kerja UIN Raden Intan Lampung khususnya dalam Tri Dharma Perguruan tinggi. Soliditas tim dan kekuatan riset UIN telah terbukti mampu menjadikan KH Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan nasional asal Lampung. Sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, proses pengajuan atau usulan calon pahlawan nasional adalah dilakukan oleh masyarakat setempat kepada pemerintah daerah.

Kemudian, pemerintah daerah menyerahkan usulan calon pahlawan nasional kepada Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk diadakan penelitian dan pengkajian. Nah, disinilah peran sentral UIN Raden Intan Lampung. Soliditas tim dan kekuatan risetnya sangat menentukan. Bagaimana, proses pencarian data dan informasi sehingga menjadikan KH Ahmad Hanafiah layak mendapatkan gelar pahlawan. Tim riset UIN Raden Intan Lampung mampu mengungkapkan kekuatan KH Ahmad Hanafiah sehingga layak mendapat gelar pahlawan. Karena, kalau tim riset tidak mampu mengungkap hal itu dan menuliskannya secara baik dan ilmiah maka bisa saja usulan gelar pahlawan KH Ahmad Hanafiah ditolak atau harus melakukan perbaikan kemudian diusulkan kembali pada tahun-tahun berikutnya.

Kekuatan riset dalam perguruan tinggi bereputasi tidak bisa ditawar dan merupakan sebuah keharusan, karena Perguruan tinggi memegang peranan penting sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta budaya. Penelitian di perguruan tinggi merupakan sumber utama inovasi di berbagai bidang. Melalui penelitian, perguruan tinggi dapat menghasilkan temuan baru, menciptakan teknologi baru, dan memperkenalkan metode baru yang dapat membawa perubahan signifikan dalam masyarakat. riset di perguruan tinggi berkontribusi pada pengembangan pengetahuan di berbagai disiplin ilmu. Dengan melakukan penelitian yang mendalam, para akademisi dan mahasiswa dapat memperluas pemahaman kita tentang dunia dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Ini membantu memperkuat dasar pengetahuan yang ada dan membangun teori baru yang dapat membawa perubahan dalam pemikiran dan pandangan.

Perguruan tinggi yang memiliki budaya penelitian yang kuat cenderung memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional maupun internasional. Institusi yang aktif dalam penelitian sering kali mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang dapat meningkatkan peringkat mereka dalam peringkat perguruan tinggi. Hal ini membawa manfaat jangka panjang, seperti peningkatan jumlah mahasiswa, penarikan dosen dan peneliti terbaik, dan peningkatan kerjasama dengan institusi lain. Penelitian di perguruan tinggi berfokus pada pemecahan masalah yang kompleks dalam berbagai bidang. Dengan melibatkan pemikiran inovatif, analisis yang mendalam, dan pendekatan multidisiplin, peneliti di perguruan tinggi dapat menemukan solusi untuk masalah yang sulit dan memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat.

Diplomasi Kolaborasi

Keberhasilan menjadikan KH Ahmad Hanafiah juga tidak lepas dari diplomasi yang baik antara UIN Raden Intan Lampung dengan berbagai pihak. Istilah diplomasi dapat diartikan sebagai suatu proses komunikasi yang melibatkan keterampilan untuk melakukan observasi, melaporkan, bernegosiasi dan juga memberikan tanda atau signal. Diplomasi di sini berkaitan dengan hubungan antar lembaga, yakni antara UIN Raden Intan Lampung, dengan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Kemampuan berdiplomasi menjadi penting bagi setiap institusi. Gaya dan cara dalam berdiplomasi merupakan ‘art’ atau seni untuk mencapai tujuan institusi. Diplomasi juga sebuah cara mempengaruhi agar dapat menerima ide, kesepakatan dan perundingan yang diinginkan.

Keberhasilan ini tentu tidak bisa dilepaskan dari diplomasi yang baik antara UIN Raden Intan Lampung dengan pihak luar. Karena jika diplomasinya buruk, bisa jadi UIN tidak akan mendapatkan kepercayaan, bahkan usulannya bisa saja ditolak. Diplomasi yang baik inilah kemudian menghasilkan kolaborasi dan kerjasama lintas sektoral. Kerjasama dan kolaborasi mempunyai manfaat yang banyak untuk kemajuan sebuah institusi karena bisa meningkatkan kreativitas, kebersamaan, meningkatkan produktivitas. Kolaborasi perguruan tinggi dalam negeri, luar negeri dan dengan institusi lainnya sangat diperlukan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Perguruan tinggi merupakan lumbung ilmu pengetahuan dan SDM yang mampu menghasilkan inovasi untuk dapat diterapkan di berbagai bidang. Kemudian, lembaga lain maupun industri dapat memberikan dukungan kepada perguruan tinggi dalam penelitian maupun pengembangan serta penggunaan hasil riset secara berkesinambungan. Dengan kekuatan riset, diplomasi dan kolaborasi yang baik, saya memiliki keyakinan UIN Raden Intan Lampung akan mampu menggarap proyek-proyek masa depan dengan baik dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara. Selamat memperingati hari pahlawan. Semangat pahlawan untuk menyongsong Indonesia emas.