Kembangkan Budaya Lokal, Mahasiswa KKN Siger Berjaya 37 Ajarkan Kerajinan Tapis di Pekon Padang Ratu

  • Admin Humas
  • Rabu, 10 Juli 2024
  • 23 Tampilan
blank

Tanggamus (Humas UIN RIL) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya Kelompok 37 gabungan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Unila, dan Itera, sukses mengadakan pelatihan kerajinan tapis di Pekon Padang Ratu, Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, Kamis (10/7/2024).

Program ini bertujuan untuk mengembangkan budaya lokal dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat kain tradisional tapis, warisan budaya Lampung. Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak setempat selama dua hari, yaitu tanggal 7 dan 10 Juli.

Para peserta diajarkan berbagai teknik dasar hingga lanjutan dalam membuat kain tapis, termasuk pemilihan benang, teknik menyulam, dan cara merangkai motif tradisional khas Lampung seperti motif Pucuk Rebung.

Salah satu mentor pelatihan, Pipin Elya Sasmita, mengatakan bahwa praktik langsung lebih penting daripada hanya mempelajari teori.

“Ibu-ibu dan anak-anak di Pekon Padang Ratu ini sudah pasti mengetahui adat dan budaya Lampung, tapi ada baiknya mereka mempelajari dan mempraktikkannya langsung, yaitu dengan menyulam tapis,” ujar Pipin.

Koordinator KKN Kelompok 37, Surohit, berharap pelatihan ini dapat membantu menjaga dan merawat budaya di Provinsi Lampung serta meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

blank

“Pelatihan tapis ini menjadi wadah peningkatan skill dan juga pengetahuan bagi generasi muda untuk menjaga dan merawat budaya Lampung. Selain itu, pelatihan ini juga dapat menjadi modal penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya. (Hana Rolisa/An/AH)