Home » Berita » Kolaborasi Antar Ma’had se-Sumatera Gelar Muhadharah Kubra Secara Virtual

Kolaborasi Antar Ma’had se-Sumatera Gelar Muhadharah Kubra Secara Virtual

Sudah dibaca : 358 Kali


Tangkapan layar muhadharah kubro secara virtual Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera.

Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung bekerjasama dengan Ma’had Al-Jami’ah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera diantaranya UIN Sumatera Utara, IAIN Louksemawe, IAIN Padang Sidimpuan, dan IAIN Batu Sangkar gelar muhadharah kubra perdana secara virtual, Minggu (28/2/2021).

Acara ini diikuti oleh para Mudir, pengurus, dan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera ini berlangsung di aplikasi Zoom dan ditayangkan pada kanal YouTube Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung.

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, mendorong para Mudir Ma’had untuk melakukan gebrakan baru berupa kolaborasi kegiatan muhadharah kubra. Kegiatan ini mengangkat tema Paint the Wonderful World with the Greatest Powerful Friendship (Melukis Dunia yang Indah dengan Persahabatan yang Kuat).

Ahmad Subarkah selaku penanggung jawab acara mengatakan, salah satu nilai plus dari muhadharah ini  yaitu memberikan pengalaman lebih bagi Ma’had. “Tak hanya itu, kita juga bisa menambah relasi, memperkuat persahabat antar Ma’had, menyamakan persepsi dan mengajarkan kita untuk beradaptasi dengan teknologi,” katanya.

Muhadharah kubra merupakan kegiatan yang diadakan satu bulan sekali di Ma’had Al-Jami’ah sebagai fasilitator yang menjembatani mahasantri untuk menggali potensi, meningkatkan kreatifitas, dan berlatih tampil di hadapan publik.

Kegiatan  ini diisi penuh oleh penampilan hasil kolaborasi antar Ma’had. Mulai dari grand opening, pidato kolaborasi bahasa daerah, pidato kolaborasi bahasa asing, juga penampilan tashliyah yang sangat menarik dan menghibur.

Pada kesempatan tersebut, Mudir Ma’had UIN Raden Intan Lampung Ust M Nur MHum menyampaikan bahwa dirinya sangat terkesan melihat antusias dari pengurus, panitia dan mahasantri antar Ma’had ini. ”Saya tidak menyangka Muhadharah bakal semeriah ini. Mampu membuat gebrakan yang sungguh luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ust Harun Ar-Rasyid selaku Mudir Ma’had UIN Sumatera Utara juga menambahkan, “Mudah-mudahan friendship antar Mudir dan Mahasantri bisa terealisasi dengan saling berkunjung antar Ma’had pada kondisi yang memungkinkan selanjutnya.”

Mudir Ma’had IAIN Batu Sangkar Chardinal Putra MA pun mengaku terkesan dengan kegiatan yang terselenggara. “Acara ini terkemas rapi dan terkoordinasi,” pungkasnya.

Kolaborasi muhadharah kubra ini diharapkan menjadi pembantik untuk terus berinovasi dan berkreasi khususnya bagi mahasantri ke depanya. Meski dalam suasana pandemi, aktifitas  Ma’had tidak boleh berhenti. (Rls — NF/HI)