Komitmen UIN Raden Intan Lampung Raih APT Unggul

  • Admin Humas
  • Jumat, 24 Mei 2024
  • 87 Tampilan
blank
Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus menunjukkan komitmennya dalam meraih Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul. 

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya simulasi asesmen lapangan dengan melibatkan asesor internal dan eksternal. Simulasi ini bertujuan untuk mematangkan persiapan UIN Raden Intan Lampung dalam menghadapi visitasi asesor BAN-PT yang dijadwalkan pada 24-26 Mei 2024.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyampaikan bahwa raihan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul merupakan target utama UIN Raden Intan Lampung.

Simulasi akreditasi ini diikuti oleh seluruh pimpinan universitas, fakultas, program studi, dosen, mahasiswa, pengguna, dan mitra. Asesor sharing pengalaman dengan peserta terkait dengan hal-hal penting aspek penilaian akreditasi, dari kriteria satu sampai dengan kriteria sembilan.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan, Dr Andi Thahir S.Psi MA menerangkan proses simulasi ini untuk lebih memantapkan komitmen bersama menuju UIN Raden Intan Lampung meraih predikat akreditasi unggul.

Simulasi pertama, ungkapnya, dilakukan pada 9 Mei oleh asesor internal UIN Raden Intan Lampung diantaranya, Prof Dr H Deden Makbuloh MAg, Dr Jamal Fakhri MAg, Prof Dr Erina Pane SH MHum, Dr Andi Thahir MA, Dr Bambang Sri Anggoro MPd, dan Prof Dr Sudarman MAg.

Selanjutnya dimatangkan kembali pada 11 Mei dengan menghadirkan asesor eksternal Dr Abdul Jalil Salam MAg selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Ar Raniry Banda Aceh. “Ini merupakan salah satu upaya kami menimba pengalaman pada institusi yang sudah lebih dulu meraih predikat akreditasi unggul,” kata Andi.

blank

Simulasi ketiga pada 17 Mei, tepat seminggu menjelang asesmen lapangan, dilakukan dengan pendampingan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI. “Diktis melakukan pendampingan secara langsung, untuk memastikan (UIN Raden Intan Lampung) yang ditargetkan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) unggul,” ucap Andi.

Hadir dalam pendampingan tersebut, Prof Dr As’aril Muhajir MAg selaku Asesor BAN-PT, Dr Ahmad Mahfud Arsyad MAg selaku Kasubtim Penjaminan Mutu, dan Yudistira, staf penjaminan mutu.

blank

UIN Raden Intan Lampung optimis dengan persiapan yang telah dilakukan, target meraih Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul dapat diraih. Dengan komitmen dan kerja keras seluruh sivitas akademika, UIN Raden Intan Lampung siap menjadi perguruan tinggi unggul yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. (An/AH)