Kunjungan Prof Irina di FUSA Memperkaya Kajian Keagamaan dan Budaya

  • Admin Humas
  • Jumat, 05 Juli 2024
  • 21 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL)  – Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) Univesitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kedatangan narasumber, Prof Irina R Katkova PhD dari St Petersburg State University Rusia. Kunjungannya pada Rabu, 3 Juli 2024, menjadi momen penting dalam upaya FUSA untuk memperkaya khazanah keilmuan dengan mengundang cendekiawan internasional di bidang studi keagamaan.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Dekan FUSA, Dr Ahmad Isnaeni MA. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Prof Irina dan menyambut seluruh peserta yang hadir. Dekan Isnaeni menekankan pentingnya pertukaran ilmiah seperti ini dalam memperluas wawasan dan memperkokoh kerjasama internasional.

Para dosen dan mahasiswa FUSA antusias mengikuti presentasi yang disampaikan Prof Irina yang mengangkat tema-tema menarik seperti Sejarah Islam di Rusia (Program Studi Pemikiran Politik Islam), Studi Manuskrip Melayu di Rusia, Koleksi St. Petersburg (Program Studi Psikologi Islam dan Sosiologi Keagamaan dan Studi Agama-Agama).

Kemudian Sejarah Studi Al-Qur’an di Rusia (Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir) Mistisisme dalam Islam: Tarekat Sufi di Indonesia dari abad ke-17 hingga sekarang (Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi), dan Schools of Islamic Thought in South East Asia (Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam).

blank

Diskusi yang hidup dan pertukaran pandangan yang berharga antara mahasiswa, dosen, dan Prof Irina. Dialog ini tidak hanya memperkaya pemahaman akademis, tetapi juga memperkuat apresiasi budaya dan saling pengertian di antara para peserta.

Dekan Isnaeni menyampaikan optimismenya tentang dampak positif kunjungan Prof Irina dengan harapan terjalinnya kerjasama akademik yang lebih erat dan hubungan ilmiah yang lebih mendalam antara UIN Raden Intan Lampung dan institusi akademik internasional.

Acara ditutup dengan penuh antusiasme dan harapan untuk kolaborasi di masa depan, mencerminkan komitmen FUSA dalam memajukan kajian keagamaan dan mempromosikan pertukaran akademis global. (WD)