LP2M UIN RIL—UIN Palembang Bangun Kerja Sama

  • Admin Humas
  • Rabu, 17 Januari 2024
  • 678 Tampilan
blank
LP2M UIN RIL dan UIN Palembang usai penandatanganan MoA

Palembang (Humas UIN RIL) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) jalin kerja sama dengan LP2M UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antar Ketua LP2M di UIN Palembang, Selasa (16/1/2023).

Ketua LP2M UIN RIL Prof Dr Kumedi Ja’far MH mengatakan, kerja sama ini penting khususnya terkait penelitian kolaborasi bagi dosen dan mahasiswa. “Kegiatan penelitian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi bagi para dosen, sehingga penelitian merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa ditinggalkan,” ucapnya.

Pun bagi mahasiswa, dia melanjutkan, “penelitian merupakan sarana pembelajaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sehingga penelitian kolaborasi sangat diperlukan. Lebih-lebih saat akreditasi, penelitian kolaborasi dosen-mahasiswa selalu ditanyakan oleh para asesor. Dalam penelitian kolaborasi sangat diperlukan sifat-sifat kerja keras, menghargai pendapat orang lain, pengendalian diri, kesabaran dan kecerdasan emosional yang mumpuni sehingga bisa menghasilkan penelitian yang maksimal.”

Turut serta dalam kunjungan tersebut Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah serta Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN RIL. Kepala Puslit Prof Dr Yuberti MPd menambahkan, penelitian kolaborasi sangat penting karena bisa menjadi sarana melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian.

“Kolaborasi penelitian ini dapat lebih banyak menghasilkan penelitian bagi institusi, dapat meningkatkan skor Sinta dan H-Index dosen, serta dapat melahirkan lulusan-lulusan yang melek riset,” papar Prof Yuberti.

Selain kerja sama, kunjungan ini juga untuk menyampaikan dan memberikan Dummy Bookhasil penelitian akademisi UIN RIL. Diharapkan juga, kunjungan dan kerja sama tersebut dapat mendukung Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN RIL menuju akreditasi unggul. (NF/AH)