Home » Berita » Ma’had Aljamiah UIN Sukses Gelar Porseni

Ma’had Aljamiah UIN Sukses Gelar Porseni


HUMAS UIN RIL –  MA’HAD Aljamiah UIN Raden Intan Lampung kembali menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) VII. Kegiatan tahunan ini melombakan 17 cabang.

Kegiatan ini merupakan ajang kreasi bakat dan minat santri di bidang olahraga, seni, dan akademis. Rangkaian kegiatan keseluruhan terdiri dari 17 cabang perlombaan, di mana peserta terdiri dari tiap-tiap halakah atau grup.

Peserta adalah mahasantri semester II dan IV di mana kepanitiaannya adalah seluruh musyrif/musyrifah atau pengurus ma’had. Para mahasantri begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik. Di sela-sela kesibukan dan membagi waktu antara kuliah dan kegiatan ma’had, mahasantri mampu menciptakan aktivitas dan kreativitas yang unggul. “Teruslah bersibuk-sibuk ria. Insya Allah bermanfaat untuk masa depan,” kata Ustaz M Nur, selaku khatib ma’had.

Perlombaan terdiri dari tiga kategori, yakni cabang lomba olahraga yang meliputi, futsal (khusus santri putra), bola voli (khusus santri putri), sprint, catur, senam santri kreasi. Cabang seni meliputi desain grafis, hasta karya, dekorasi kamar, nasyid, stand up comedy, selawat kreasi. Cabang akademis meliputi: pidato kolaborasi, tahfiz juz amma, scrabble, OSI (Olimpiade Studi Islam), baca berita, karya ilmiah.

Hal baru pada tahun ini adalah adanya lomba Olimpiade Alquran. Lomba ini sejenis lomba cerdas cermat, di mana peserta menjelaskan isi surat, asbabun nuzul-nya, dan tajwid. Ustaz Kamran, mudir ma’had, mengatakan kegiatan itu diharapkan menciptakan kreativitas para santri. “Harapannya, santri mampu berdedikasi tinggi, memiliki mental kuat dan berani berekspresi dan berkompetisi secara sportif, karena Porseni merupakan ajang puncak kejayaan bagi santri untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan,” ujar Kamran. (RA/FM/NF)

Sudah dibaca : 589 Kali