Home » Berita » Ma’had Selenggarakan Porseni Virtual

Ma’had Selenggarakan Porseni Virtual

Sudah dibaca : 418 Kali


Tangkapan layar pembukaan Porseni ke-10 Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung.

Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung kembali selenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) pada 6-12 Maret 2021. Dalam masa pandemi ini, Porseni dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.  

Mudir Ma’had Ust Muhammad Nur MHum mengatakan bahwa Porseni merupakan ajang prestasi untuk menggali potensi mahasantri yang berbakat di bidang olahraga dan seni. Menurutnya, Porseni ke-10 secara virtual ini akan dicatat sebagai bagian dari sejarah Ma’had Al-Jami’ah.

“Bisa jadi Ma’had kita adalah yang pertama mengadakan Porseni secara virtual. Ma’had menolak mati. Mati dalam artian ‘sepi’ dari kegiatan,” ujarnya pada pembukaan Porseni, Sabtu (6/3/2021).

Pembukaan Porseni diikuti oleh seluruh jajaran kepengurusan dan mahasantri Ma’had al-Jami’ah. Selian melalui Zoom, pembukaan juga ditayangkan melalui kanal YouTube Ma’hal Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung.

Pada Porseni ke-10 mengusung tema Bring Back the Fire of Passion in Competition (Membangkitkan gelora semangat berkompetisi). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasantri yang telah dikelompokkan menjadi 27 halaqoh.

Ketua pelaksana Porseni ke-10 Arif Hadi Prayogo berharap, meskipun Porseni kali ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi antusias mahasantri untuk berkompetisi, meningkatkan sportifitas dan kreatifitas.

Adapun cabang perlombaan yang akan diikuti masing-masing perwakilan halaqoh di antaranya adalah Pandemic Sports, Video Kreatif, Desain Grafis, Desain Blog, Karya Tulis Ilmiah, Menulis Cerpen, Menulis Berita, Membaca Puisi, Tradisional Song, Rangking 1, Olympiade Qur’an, Tahfidz Juz 30, dan Stand Up Comedy.

Koordinator acara Ahmad Subarkah mengatakan, perlombaan yang diadakan pada Porseni kali ini mempertimbangkan situasi di masa Pandemi dengan menghadirkan beberapa cabang perlombaan yang belum pernah diadakan di tahun sebelumnya.

“kita  selaku panitia berupaya melakukan yang terbaik dengan menghadirkan beberapa perlombaaan baru. Semoga mahasantri aktif berpartisipasi,” jelas Subarkah.

Porseni virtual ini juga diharapkan dapat bisa menginspirasi banyak pihak. Dengan segala keterbatasan di masa pandemi,  inovasi dan kreatifitas serta nilai-nilai positif tetap harus digelorakan. (Rls — NF/HI)