Home » Berita » Mahasantri Mahad Lakukan Pengabdian Masyarakat

Mahasantri Mahad Lakukan Pengabdian Masyarakat


Humas UIN RIL — Mahad Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung kembali berkecimpung dalam  masyarakat dengan kegiatan rutin Qafilah Dakwah Ramadhan (QDR). QDR ini merupakan kegiatan ke-IV tahun 2018 M/1439 H yang bertempat di Desa Sidodadi Asri Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, berlangsung selama lima belas hari mulai 13 sampai 26 Mei 2018 .

Desa dengan penduduk 99 persen warga muslim tersebut memiliki tempat beribadah dan tempat pembelajaran agama Islam masih terbatas. Selain itu, kitab suci Al Quran juga masih terbatas sehingga layak untuk didukung dalam kegiatan belajar keagamaan Islam khususnya aktivitas mengaji, baca-tulis, dan belajar-mengajar Al Quran.

Kegiatan QDR ini diikuti oleh seluruh mahasantri putra dan putri semester empat yang berjumlah 92 mahasantri yang terdiri dari 13 mahasantri putra dan 79 mahasantri putri dengan Musyrif/ah Pembimbing Lapangan (MPL) berjumlah 15 orang.

Mudir Mahad Al-Jamiah Ustadz  Kamran Lc MSI dalam  sambutannya  mengatakan, agar mahasantri dapat mengamalkan segala hal yang sudah diberikan selama pembelajaran di mahad baik berupa hal yang agamis, aktif, kreatif, dan juga seni. “Hal utama yang patut dijadikan kunci keberhasilan dalam Qafilah adalah menjaga serta memelihara akhlak. Itu adalah point penting dan pesan mendalam saya sebagai Mudir kepada para peserta Qafilah mahasantri Mahad Al-Jamiah”, ungkap Kamran dengan penuh semangat dan antusias, Minggu (13/5).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melatih mental dan keilmuan serta jiwa sosial mahasantri dalam  membaur dengan masyarakat. Hal ini juga merupakan bekal bagi mahasantri agar kelak ketika KKN kampus tidak kaget lagi dengan segala aktifitas dan kegiatan kemasyarakatan.

Kemudian, kegiatan ini pun diharap mampu mengajak, menghimbau, serta menghidupkan masyarakat agar senantiasa hidup dari aktifitas lingkungan agamis dan religius dengan jalan syiar dan dakwah para mahasantri peserta Qafilah.

Selain itu, kegiatan ini merupakan tahap awal proses pembelajaran mahasantri sebagai ajang melatih mental dan potensi diri. Sehingga masih terus dipantau dan dibimbing oleh MPL yang juga sebagai pengurus mahad.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg yang senantiasa berkontribusi dalam segala kegiatan dan agenda Mahad Al-Jamiah. Mahad Al-Jamiah pun menjadikan QDR ini sebagai kegiatan bersama yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Intan.

Kepala LP2M Prof Dr M Nasor MSi menyampaikan, mahad dalam setiap kegiatannya selalu memberikan unsur kebaikan dan hal-hal yang bermanfaat. “Sehingga aura positif selalu tercium menyengat dalam menggaungi kampus hijau tercinta. Kegiatan yang melibatkan masyarakat 100 persen kami dukung sebagai bekal para mahasantri nantinya ketika real dalam kegiatan KKN Kampus,” ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya yaitu pengabdian berupa mengajar Taman Pendidikan Al Quran (TPA), Gebyar TPA sebagai ajang kompetisi menunjukkan minat dan bakat santri TKA/TPA di Dusun setempat, santunan anak yatim berupa pakaian dan uang, kegiatan waqaf Al Quran ke mushola/masjid dan kegiatan puncak yakni perpisahan dan tabligh akbar. (NF/HI/FM)

 

Sudah dibaca : 272 Kali