Home » Berita » Mahasiswa Baru Di Beri Pemahaman Tentang Wawasan Kebangsaan dan Kamtibmas

Mahasiswa Baru Di Beri Pemahaman Tentang Wawasan Kebangsaan dan Kamtibmas


UIN Raden Intan – Kepolisian daerah (Polda) Lampung turut serta dalam kegiatan PBAK UIN Raden Intan 2018. Pihak polda sampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan kamtibmas dihadapan 6699 mahasiswa baru UIN.

Dalam materi wawasan kebangsaan mahasiswa diberi arahan untuk hafal dan faham makna dari ideologi negara Indonesia. Perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas diminta untuk melafalkan pancasila dan UUD 1945 dihadapan seluruh peserta PBAK.

“Maksud dan tujuan camaba untuk hafal dan faham tentang ideiologi negara Indonesia guna memperdalam jiwa kebangsaan pada diri sendiri. Dengan begitu mahasiswa UIN Raden Intan dapat menjaga kedaulatan NKRI,” jelas Kompol Fajria Ambar dari Polda Lampung, Selasa (15/8).

Selain wawasan kebangsaan, peserta PBAK juga diberi pemahaman era digital yang semakin berkembang. Semua  mahasiswa khususnya mahasiswa baru dihimbau agar berhati-hati dalam menyebarkan info atau berita yang belum pasti kebenarannya. Dikarenakan akhir-akhir ini banyak sekali berita palsu yang dikenal dengan “hoaks”.

Hoaks atau berita palsu banyak tersebar di media sosial saat ini. Hoaks juga termasuk dalam pelanggaran kriminalitas yang bisa dikenakan sanksi kurungan bagi pihak yang menyebarluaskan. Oleh sebab itu, Polda Lampung menghimbau mahasiswa untuk selalu teliti sebelum menyebarkan informasi.

Fajria Ambar juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk tidak berhubungan dengan hal-hal negatif. “Kalau terlibat pelanggaran, dapat terjerat hukum pidana. Dan saya tidak ingin kalian berurusan dengan kami,” tegasnya.

Kamtibmas

Selain dari Polda Lampung, hadir juga pihak Polsek Sukarame untuk menyampaikan materi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolsek Sukarame Aiptu Yusdianto menyampaikan materi seputar keamanan wilayah Sukarame dengan harapan agar mahasiswa baru menyadari akan pentingnya keamaan. “Bagi mahasiswa ketika sudah menetap atau ngekos di wilayah Sukarame, diharapkan segera Lapor dengan RT atau keamanan setempat agar nanti ketika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa ditangani dengan segera mungkin,”  jelasnya.

Ia mencontohkan beberapa kasus yang terjadi di wilayah sukarame yang menyangkut dengan Keamanan wilayah setempat seperti pencurian uang, laptop, dan laki-Laki yang memginap perempuan atau sebaliknya. “Kasus seperti itu sangat lah sering terjadi. Kami menghimbau agar mahasiswa -mahasiswi lama atau pun baru dapat berpatisipasi untuk mencegah hal tersebut terjadi,” harapnya.

Dengan hadirnya Polda Lampung dan Polsek Sukarame, diharapkan agar mahasiswa memahami persoalan bangsa dan wilayah tempat tinggalnya untuk kepentingan bersama. (AA/JP/NF/HI)

Sudah dibaca : 326 Kali