Mahasiswa FEBI UIN Ukir Prestasi di Ajang International Olympiad on Islamic Economics and Business 2023

  • Admin Humas
  • Kamis, 31 Agustus 2023
  • 487 Tampilan
blank
Foto bersama usai penyerahan piagam kejuaraan IOSIE

Surakarta (Humas UIN RIL) – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali mengukir prestasi di ajang internasional.

Kali ini, dua medali emas dan satu medali perunggu berhasil disumbangkan dalam gelaran ajang bergengsi The 1st International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE). Medali tersebut diraih oleh tiga dari lima kontingen FEBI UIN Raden Intan Lampung yang sebelumnya telah lolos seleksi menjadi finalis. 

Ketiga mahasiswa yang telah berhasil menjadi juara berasal dari Prodi Ekonomi Syariah, yakni:

  1. Rahmat – Medali Emas – Cabang Lomba Resensi Jurnal Ekonomi Islam
  2. Fernandes Tesar Bramtheo – Medali Emas – Cabang Lomba Poster Kreatif Kampanye Islam
  3. Andriansyah Bastian – Medali Perunggu – Cabang Lomba Fotografi

Mereka mampu bersaing dengan para peserta yang berasal dari 10 negara yaitu Mesir, Australia, Sudan, Inggris, Thailand, Bahrain, Malaysia, New Zealand, Arab Saudi, dan Indonesia. Tercatat 392 peserta dari negara tersebut mengikuti 15 cabang lomba dalam rangkaian kegiatan IOSIE.

blank
Mahasiswa dan dosen FEBI UIN RIL dalam gelaran IOSIE

IOSIE merupakan olimpiade mahasiswa pertama tingkat internasional bidang Ekonomi dan Bisnis Islam yang diselenggarakan pada 29 hingga 31 Agustus 2023 di UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara ini merupakan kerja sama antara Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) dengan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. 

Dekan FEBI UIN Raden Intan Lampung sekaligus Ketua AFEBIS, Prof Dr Tulus Suryanto MM Akt CA mengucapkan selamat dan menyatakan apresiasi terhadap ketiga prestasi yang diukir para mahasiswa di level internasional tersebut. 

“Prestasi ini lahir dari hasil kerja keras para mahasiswa dan para dosen FEBI yang patut kita syukuri. Prestasi yang sangat menggembirakan dan membanggakan bagi FEBI yang terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu melalui akreditasi unggul,” ungkapnya saat ditanya via telepon. 

Dia mengatakan, FEBI UIN Raden Intan Lampung selalu mendorong secara konsisten para mahasiswa agar dapat aktif mengikuti berbagai kompetisi baik ajang nasional maupun internasional. Menurutnya, hal tersebut dapat mengasah potensi dan meningkatkan kompetensi mereka dalam bidang Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah. 

“Prestasi ini menjadi pembuktian bahwa bersama FEBI UIN RIL, para mahasiswa didorong untuk meraih prestasi terbaik hingga pada ajang kompetisi Internasional. FEBI terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik dan ruang bagi mahasiswa untuk berprestasi,” ungkapnya.

Sehingga ketika lulus, lanjutnya, mereka memiliki daya saing yang tinggi dan siap menjadi profesional yang berdampak di bidangnya masing-masing.

“Saya berharap prestasi – prestasi yang diukir ini mampu menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk turut aktif mengejar prestasi semasa kuliah,” tandasnya.

Selain itu, IOSIE juga melibatkan dua dosen FEBI UIN RIL untuk menjadi juri pada ajang internasional tersebut. Berdasarkan SK Ketua Panitia Pelaksana Nomor 001 Tahun 2023, dua dosen tersebut yaitu Nurlaili MA dan Femei Purnamasari SE MSi. (Rls-An/AH)