Home » Berita » Mahasiswa KKN Helat Festival Wisata Budaya

Mahasiswa KKN Helat Festival Wisata Budaya


Perwakilan mahasiswa KKN bersama sejumlah aparatur pejabat daerah Kabupaten Tanggamus. (Dok. Ist)

Tanggamus – Jajaran  Koordinator kecamatan (Korcam) KKN bersama mahasiswa KKN Revolusi Mental (RM) Kecamatan Pulau Panggung, sukses mengadakan festival wisata budaya sekaligus lepas pisah mahasiswa kkn, Rabu (28/8/2019).

Festival wisata budaya yang dihelat dengan tajuk Pengembangan Potensi Wisata Berbasis Cagar Budaya Sebagai Sarana Edukasi, diselenggarakan di halaman situs megalitik Batu Bedil, Tanggamus. Hadir pada kegiatan ini Retno Novia Damayanti selaku  Kepala Dinas Pariwisata mewakili Bupati Kabupaten Tanggamus, Arhamuddin SE selaku Sekretaris Kecamatan Pulau Panggung,  dan  Irsi Jaya salah satu putra terbaik Batu Bedill Ilir  yang telah dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus.

Ketua pelaksana kegiatan Eri dalam sambutanya menghaturkan rasa terima kasih atas kehadiran dinas pariwisata yang telah bersedia hadir mewakili Bupati Tanggamus. Tak sampai disitu, ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat, aparatur pekon sampai aparatur kecamatan yang telah menerima dan bersinergi dengan baik bersama mahasiswa KKN dalam masa pengabdian. “Wabil khusus mantan Kepala Pekon Batu Bedil Bapak Sadin yang telah mensuport acara ini,” katanya.

Dia  juga memaparkan, kegiatan tersebut sebagai aksi nyata dari proses yang panjang dan tahapan yang dilewati selama  pengabdian. Sebelumnya, observasi juga dilakukan bersama Pj pekon Batu Bedil dan Pj Pekon Gunung Meraksa.

“Harapan kedepannya dapat dijadikan event wisata edukasi tahunan dengan mekanisme kerjasama antara Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, dan stakeholder terkait,” sambung Eri.

Dirinya Bersama mahasiswa KKN yang lain berharap kepada pemerintah setempat khususnya dinas pendidikan untuk tidak sekedar memberikan adik-adik sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama pelajaran sejarah kehidupan purbakala hanya sebatas teori saja, melainkan langsung dengan memanfaatkan cagar budaya Batu Bedil yang dianggap lengkap.

Sementara itu, Ridho Gusti selaku Korcam mahasiswa KKN juga menyatakan hal serupa. “Harapan kami ke depannya, apa yang kami laksanakan ini  bisa menjadi dorongan dan saran kepada pemerintah daerah agar dapat diteruskan ke depannya,” ujar Ridho.

Foto bersama mahasiswa KKN dengan siswa sekolah dasar di lokasi setempat. (Dok. Ist)

Menanggapi hal tersebut, Retno selaku Kepala Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi aksi nyata dan inovasi mahasiswa KKN UIN Raden Intan. Menurutnya,  hal ini sangat sejalan dengan program bupati dalam pengembangan potensi pariwisata sebagai wujud peningkatan taraf hidup masyarakat Tanggamus.

Retno juga membacakan pesan dari bupati kepada mahasiswa KKN. “Adik-adik mahasiswa KKN uin Raden Intan, inovasi ini sangat membantu dalam program pariwisata yang terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Tanggamus. Oleh karenanya, apresiasi yang tinggi dari pemerintah kabupaten Tanggamus atas terselenggaranya kegiatan ini,” pungkasnya. (Rls — NF/HI)

Free Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
Download Nulled WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
download udemy paid course for free
download micromax firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
online free course

Sudah dibaca : 423 Kali