Mahasiswa Prodi Sisfo UIN RIL Pamerkan Karya IoT dan Mobile Apps pada IT Fest

  • Admin Humas
  • Jumat, 07 Juni 2024
  • 57 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL)  –  Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (Sisfo) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menggelar IT Fest dengan tema “From Sisfo 22 to the World” di Lobby Lantai 1 Gedung Saintek 1B, Jumat (07/06/2024).

Acara ini memamerkan berbagai karya mahasiswa semester 4 di bidang Internet of Things (IoT) dan Mobile Apps.

Ketua Prodi Sisfo yang diwakili Sekretaris Prodi Sisfo, Ardian Asyhari MPd, mengatakan, 

tugas akhir berupa karya produk yang dihasilkan oleh mahasiswa Sisfo ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seperti pendidikan, kolaborasi dengan program studi lain, pengabdian kepada masyarakat, dan bahkan untuk penelitian dan pengembangan.

Menurutnya, Prodi Sisfo merupakan garda terdepan dalam kemajuan teknologi di UIN RIL. “Semoga mahasiswa Sisfo dapat terus berinovasi dan menciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

IT Fest ini diselenggarakan di bawah bimbingan Mezan el Khaeri Kesuma MTI, dosen pengampu mata kuliah Mobile Apps, dan Ghifar MTI selaku dosen pengampu mata kuliah IoT.

Mezan mengatakan, acara ini bertujuan sebagai bentuk pengabdian atau riset bagi mahasiswa Sisfo. Di hadapan mahasiswa yang terbagi enam kelas ini, Ia berharap para mahasiswa dapat menjadi problem solver di lingkungan masyarakat.

Senada dengan hal tersebut, Ghifar menuturkan bahwa IT Fest ini merupakan langkah awal yang baik bagi Prodi Sisfo untuk menjadi lebih baik lagi. “Semoga acara ini dapat terus berjalan setiap tahunnya,” ucapnya.

Beberapa karya yang dipamerkan dalam IT Fest ini. Proyek IoT diantaranya, Pendeteksi Dini Kebakaran, Fish Feeder, Lampu Telegram, Cat Feeder, Smart Lamp Berbasis Web, Smart Plant, CCTV, Pendeteksi Getaran, Pendeteksi Slot Parkir, Pendeteksi Gerak, Pendeteksi Air, Pendeteksi Uang, Pengatur Kipas Otomatisasi, Absensi berbasis RFID.

blank

Sedangkan Mobile Apps diantaranya, Voice Calculator, CatBot GPT, Sensor Gerak Tubuh, Nama-nama Hewan, Rumus Fisika, Apk Menu Restoran,  Generativ AI, Generative Image, Asisten App, Fake Voice, Kalkulator, Doa Sehari-hari, TicTacToe, Picaboo, MTK Dasar, Jankenpon, Space war, Catch the Cat, Kamus Bahasa Lampung, Workout App, Alexa Messenger, Tetris, dan Tictactoe.

blank

IT Fest ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN RIL memiliki potensi yang besar untuk menjadi inovator dan pemimpin di bidang teknologi. Acara ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus berkarya dan menciptakan solusi-solusi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ajakan positif pun disampaikan Ketua Pelaksana Aqil Dear Fatiha. Dengan diadakannya IT Fest dapat membangun semangat mahasiswa lebih aktif dalam mengembangkan teknologi di sekitar. (An/AH)