Mahasiswa UIN Sumbang Medali Di POMNAS 2019

  • Admin Humas
  • Senin, 23 September 2019
  • 3191 Tampilan
blank
M. Muklis (kiri) saat upacara penyerahan medali. (Dok. Ist)

Sejumlah mahasiswa UIN yang mewakili kontingen Lampung sumbang medali pada pekan olahraga mahasiswa nasional (POMNAS) 2019 yang berlangsung di Jakarta pada 17-26 September.

Cabang panjat tebing kategori speed putra sumbangkan medali perak atas nama M Mukhlis Nasrul Amin dan cabang pencak silat kategori tanding kelas A putra raih medali perunggu atas nama Amar Cahyadi.  M Muklis merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam dan Amar mahasiswa prodi Perbankan Syariah.

Muklis mengaku bersyukur atas perolehan yang diraihnya tersebut karena turut mengharumkan nama kampus dan provinsi. Meski dirinya juga agak sedikit kecewa karena belum dapat menyumbangkan medali emas.

“Proses yang saya jalani saat ini tidak menghianati hasil. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi mohon maaf belum bisa memberikan medali emas,” ujar anggota UKM Maharipal ini.

Medali tersebut diraih secara head to head pada laga final bertemu dengan wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (20/9) malam, di venue GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta.  Usai POMNAS, Muklis akan kembali menjalani pemusatan latihan untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera Bagian Selatan yang akan berlangsung di Bengkulu pada November 2019.

Rasa syukur juga disampaikan oleh Amar. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa mendapatkan juara 3 pada aja POMNAS 2019 di Jakarta ini. Pertandingan kali ini sangat selektif karena pada ajang POMNAS ini adalah salah satu ajang pantauan untuk menjadi atlet pelatnas Indonesia,” ujarnya.

“Saya juga sangat berterimakasih kepada pihak kampus yang selalu mendukung saya,” tambah Amar.

blank
Amar Cahyadi (kanan) bersama pelatih, Cahniyo, M.Pd usai pemberian medali. (Dok. Ist)

Seperti dilansir dalam laman ristekdikti.go.id, POMNAS XVI Jakarta 2019 diikuti 3404 atlet dari 33 provinsi di Indonesia. Para atlet akan mengikuti 19 cabang olahraga diantaranya bola basket, atletik, anggar, catur, bola voli, bulu tangkis, futsal, gulat, hockey indoor, judo, karate, kempo, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sepak takraw, tarung derajat, cricket serta eSport.

Dengan tema “Semangat, Sportif dan Berprestasi”, Mohamad Nasir selaku Menristekdikti berharap agar POMNAS XVI Jakarta 2019 dapat mempererat hubungan antar mahasiswa dari daerah yang berbeda dan dapat saling mengenal di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, serta menghasilkan atlet-atlet nasional yang mampu bersaing di pertandingan kelas dunia. (NF/HI)