Mahasiswi UIN Semarakkan Pasti Science Day di Thailand

  • Admin Humas
  • Rabu, 30 Agustus 2023
  • 377 Tampilan
blank
Eksperimen pada kegiatan Pasti Science Day di Suttisart Witya School Thailand

Yala, Thailand (Humas UIN RIL) – Bulan Agustus di Thailand adalah bulan dengan banyak perayaan, diantaranya adalah Pasti Science Day. 

Pasti Science Day adalah bentuk dari pertunjukan sains yang ditujukan untuk menambah pengetahuan dengan menggunakan metode observasi secara langsung dan dibuat dengan konsep yang begitu menyenangkan.

Pada pertunjukkan Pasti Science Day kali ini, tiga mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional UIN Raden Intan Lampung turut memeriahkan kegiatan tersebut. Mereka tergabung menjadi sebuah tim penyelenggara Pasti Science Day di Suttisart Witya School atau biasa dikenal dengan Ma’had Ar-Rasyidin yang beralamat di Than to, Yala, Thailand.

Dengan bantuan dan arahan dari tenaga pendidik dan persiapan yang begitu matang kegiatan ini terselenggara dengan meriah. Terdapat lima pertunjukkan sains yaitu, eksperimen sains : es loli (metode pembekuan es secara instan melalui garam dan es yang digoyang- goyangkan di dalam ember), lilin pengusir  nyamuk herbal, baking soda roket, keajaiban air berjalan, dan angkat balon kaca.

Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 18 Agustus 2023 usai melakukan rutinitas setiap Jumat pagi yakni sholat dhuha berjamaah.

Laila Arwaechuarae, salah seorang pendidik mengatakan, Pasti Science Day merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun pada bulan Agustus. Hal ini banyak dilakukan di Negara Thailand dan pada awalnya mendapat inspirasi dari Negara Malaysia.

Kemudian salah satu tenaga pendidik lainnya, Naidyah Salaeh, mengatakan, kegiatan ini mengenalkan  sains dengan metode observasi langsung yang sangat menyenangkan dan mudah dimengerti oleh seorang murid, dikarenakan murid yang tergabung dalam Science Day ini adalah murid kelas 4 s.d 6 SD, yang mana mereka lebih suka berinteraksi diluar kelas dengan cara mengamati dan melakukan  secara langsung.

Dengan diadakannya kegiatan ini, para pendidik berharap para siswa kelas 4 s.d 6 SD ini dapat memahami teori sains yang telah diajarkan dan dapat mengamalkannya dirumah dengan pengawasan dari orangtua.

Rep: Cahya Kamila Maharani/HKI, Diini Fitriani/PBA, Indah Yulia Putri/PAI

(An/AH)