Home » Berita » Majukan Pendidikan dan Pembangunan Daerah, Pemkab Lampung Timur Jalin Kerja Sama dengan UIN

Majukan Pendidikan dan Pembangunan Daerah, Pemkab Lampung Timur Jalin Kerja Sama dengan UIN


WR III menandatangani MoU dengan Pemkab Lampung Timur.

Guna memajukan pendidikan dan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur jalin kerja sama dengan UIN Raden Intan Lampung.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak di Aula Kantor Bupati Lampung Timur, Jumat (7/8/2020).

Lingkup kerja sama ini antara lain meliputi Bidang pendidikan, Pengembangan SDM, Pengabdian pada masyarakat dan Pengembangan Teknologi Informasi.

Sebagai langkah awal dari kerjasama ini, akan dilakukan upaya-upaya akademis dalam mendorong KH Ahmad Hanafiah, selaku tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan ulama yang berasal dari Lampung Timur ini menjadi pahlawan Nasional.

Wakil Rektor (WR) III Prof Wan Jamaluddin PhD yang hadir mewakili Rektor menyampaikan, UIN sedang melakukan upaya akademis penganugerahan gelar untuk KH Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional.

Menurutnya, KH Ahmad Hanafiah bukan intelektual biasa. “Beliau memiliki dua kekuatan dalam dirinya. Pertama, sosok yang patriotis dan nasionalis, yang turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Kedua, sosok intelektual dan juga ulama,” jelas Prof Wan yang juga meneliti tentang sosok KH Ahmad Hanafiah.

Selain WR III dan Bupati beserta jajaran, MoU tersebut juga dihadiri perwakilan mahasiswa UIN yang berasal dari Lampung Timur.

Prof Wan mengatakan bahwa ada 1.178 orang mahasiswa UIN yang berasal dari Lampung Timur. Dia mengajak kepada mahasiswa dan para hadirin bahwa semangat heroisme dan intelektualitas dari KH Ahmad Hanafiah harus tetap mengalir.

WR III bersama Bupati Lampung Timur beserta jajaran dan mahasiswa UIN.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari MM mengatakan, sosok KH Ahmad Hanafiah sangat patut dihargai. “Beliau turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Ini bukan perkara mudah. Kita sebagai generasi penerus tinggal mengisi kemerdekaan itu. Kita harus meneruskan perjuangan dan cita-cita beliau,” ungkapnya.

Terkait dengan bantuan, Dia mengaku akan memberikan bantuan kepada mahasiswa berprestasi asal Lampung Timur yang sedang melakukan studi di UIN Raden Intan Lampung.

“Kedepan juga akan kita alokasikan beasiswa untuk mahasiswa UIN. Ini semata-mata agar (mahasiswa) bisa kembali dan membangun Lampung Timur menjadi lebih baik,” pungkasnya. (NF/HI)

Sudah dibaca : 333 Kali