Malam Grand Final Pemilihan Duta Raden Intan 2024, Rektor Beri Pesan Penting

  • Admin Humas
  • Kamis, 13 Juni 2024
  • 77 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD., memberi pesan penting kepada para finalis Duta Raden Intan 2024 pada acara Grand Final yang diadakan pada, Rabu malam (12/06/2024.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan beberapa poin penting yang perlu ditekankan oleh mahasiswa, khususnya Duta Raden Intan.

Pertama, Rektor menekankan pentingnya proses penempaan dan pembinaan dalam membentuk pribadi yang unggul. Ia mengutip kata-kata bijak, “Tidak ada orang hebat yang lahir begitu saja, melainkan melalui proses penempaan yang panjang.” Oleh karena itu, para finalis didorong untuk siap sedia menerima proses pembinaan dan pelatihan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkualitas.

Kedua, Rektor mengingatkan para finalis tentang pentingnya adaptasi dan perubahan. Beliau mengutip pendapat lain yang menyatakan bahwa, “Bukan mereka yang paling cerdas atau terkuat yang akan bertahan, melainkan mereka yang paling mudah beradaptasi dengan perubahan.” Di era Society 5.0 saat ini, para Duta Raden Intan haruslah siap menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks.

“Duta Raden Intan 2024, tentu tidak bisa disamakan parameternya dengan Duta Raden Intan 2022, tidak bisa disamakan dengan duta lainnya, karena Duta Raden Intan 2024 menghadapi tantangan yang jauh lebih kompleks, kita dihadapkan tantangan kehidupan society 5.0 dan menyongsong kehidupan masyarakat yang jauh dari yang kita duga,” ujar Rektor.

Kemudian Rektor menegaskan bahwa kunci untuk menghadapi berbagai tantangan adalah dengan menjadi pembelajar sejati. Ia menyampaikan pesan teologis Islam bahwa seorang muslim harus terus belajar sepanjang hayatnya. 

“Para Duta Raden Intan diharapkan dapat menjadikan proses belajar sebagai kebiasaan agar mereka dapat terus berkembang dan berinovasi,” ucapnya.

Terakhir, Rektor berharap agar 20 finalis Duta Raden Intan 2024 dapat merefleksikan diri dan menjadi cerminan idealitas mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Beliau menekankan bahwa Duta Raden Intan haruslah ber-ISI (Intellectuality, Spirituality, dan Integrity).

Pesan-pesan Rektor tersebut diharapkan dapat memotivasi para Duta Raden Intan 2024 untuk menjadi pribadi yang unggul dan dapat membawa nama baik UIN Raden Intan Lampung. (An/AH)