Malam Pentas Seni PWN PTK XVI, Tari Cangget Bakha Pilangan Pukau Penonton

  • Admin Humas
  • Kamis, 25 Mei 2023
  • 534 Tampilan
Para Penari Cangget Bakha Pilangan Kontingen UIN RIL

Gorontalo (Humas UIN RIL) – Kontingen Gerakan Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) tampil memukau di Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-16 dengan menampilkan Tari Cangget Bakha Pilangan, Rabu (24/05/2023) malam.

Bertempat di panggung utama Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo, tarian dengan musik tradisional Lampung itu mengiringi gerak lincah oleh empat putra dan empat putri Racana Raden Imba Kesuma Ratu dan Putri Sinar Alam.

Delapan penari tersebut menampilkan tarian lengkap dengan pakaian tariannya beserta parah, payung adat dan juga bendera yang menarik antusias para penonton.

Pimpinan Kontingen UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr H A Afif Anshori MAg mengatakan, tarian tersebut terinspirasi dari prosesi cakak pepadun yaitu pada saat pemberian gelar adok dan prosesi cangget bakha sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat hasil panen yang berlimpah.

Selain itu, lanjutnya, tarian yang energik menggambarkan kekuatan dan kerja keras gotong royong dalam bermasyarakat serta kelembutan hati dalam bersikap. Hal itu tercerminkan dalam gerakan gemulai para penari.

Koreografer tarian ini diciptakan oleh M Arie Zainun Najib SPd dengan Komposer musik oleh Beni Saputra SPd.

Kontingen PWN PTK XVI UIN RIL bersama Pimpinan Kontingen dan Pembina Pendamping Putra.

“Penampilan Kontingen Lampung kali ini luar biasa, gerakan tari yang serasi dengan iringan irama rampak, mampu menggerakkan para penonton di lapangan untuk bergoyang. Meskipun tarian ini ditampilkan hampir tengah malam, namun tidak menyurutkan semangat penonton untuk menikmati goyangannya,” kata Mantan Ketua Tim Waslitev PW PTK se-Indonesia itu.

Tari Cangget Bakha Pilangan merupakan tarian yang biasanya dibawakan oleh muda-mudi Lampung pada masa panen raya atau ketika munculnya bulan purnama.

Selain disaksikan oleh peserta PWN PTK XVI yang berasal dari seluruh Indonesia, Pentas Seni ini juga terbuka untuk umum. (An/AH)