Home » Berita » Membaca adalah Salah Satu Kunci Membangun Peradaban

Membaca adalah Salah Satu Kunci Membangun Peradaban


Webinar Internasional vERtual TALK #13.

“Buku bukan hanya sekedar menghadirkan materi bacaan tetapi juga sebagai simbol yang merepresentasikan ide-ide dibalik tulisan tersebut,” kata Wakil Rektor III UIN Prof Wan Jamaluddin PhD saat membuka kegiatan webinar internasional, Sabtu (19/9/2020).

Webinar yang diberi nama vERtual TALK #13 ini diselenggarakan atas kerja sama Kantor Internasional UIN Raden Intan Lampung atau Raden Intan Lampung’s International Office (RILIO) dengan Indonesian Extensive Reading Association (IERA) dan Extensive Reading Foundation (ERF).

Seminar virtual dengan tema Extensive Reading: What Books Can Do ini berlangsung diaplikasi Zoom serta ditayangkan melalui kanal YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Menurut Prof Wan, membaca buku adalah salah satu kunci terpenting untuk membangun peradaban umat manusia. “Sebuah kutipan terkenal mengatakan, kita bukanlah apa yang kita pikirkan, tapi apa yang kita baca,” katanya.

Dia juga menuturkan pepatah terkenal dikalangan para santri yaitu خَيْرُ جَلِيْسٍ فيِ الزَّمَانِ كِتَابٌ, “Sebaik-baik teman duduk setiap waktu adalah buku.”

“Maka dari itu, membaca adalah salah satu aktivitas yang penting. Allah Swt melalui Nabi Muhammad Saw pada wahyu pertamanya juga memerintahkan untuk Iqro, membaca,” tambahnya.

Webinar ini juga menghadirkan pembicara yaitu Michael Lacey Freeman-the Author of Egghead (the Winner of 2017 Language Learner Literature Award) dan Imam Malik Riduan MA PhD (Cand) (Western Sydney University, Australia), serta dimoderatori oleh Thomas Wahyu Prabowo Mukti MPd (IERA-Universitas Sanata Dharma).

Selain itu, vERtual TALK juga diisi oleh 4 panelis yakni Istiqomah Nur Rahmawati MPd (IERA-UIN Raden Intan Lampung), Dr Nida Husna HR MPd MA TESOL (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Deri Herdawan MPd (Politeknik Maritim Negeri Indonesia), dan Agus Hidayat MPd (UIN Raden Intan Lampung). (NF/HI)

Sudah dibaca : 284 Kali