Home » Berita » Membudayakan Kuliah Daring, Dosen Dilatih E-learning

Membudayakan Kuliah Daring, Dosen Dilatih E-learning


Wakil Rektor I Dr. Alamsyah, M.Ag saat menyampaikan sambutan dalam pelatihan penggunaan e-learning, Jumat (26/6/2020)

Dihadapkan tantangan era 4.0 dan masa normal baru, UIN Raden Intan Lampung dengan cepat merespon melalui kebijakan yang mewajibkan perkuliahan daring melalui aplikasi e-learning. Untuk itu secara bertahap dan berjenjang para dosen dilatih, sehingga ditargetkan mampu mengoptimalisasikan penggunaan e-learning secara penuh dalam perkuliahan semester gasal tahun akademik 2020/2021.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor I Dr Alamsyah MAg saat menyampaikan sambutan dalam pelatihan penggunaan e-learning yang diikuti para guru besar UIN di Ruang Sidang Rektorat, Jumat (26/6/2020). Selain guru besar, sebelumnya pelatihan serupa diikuti oleh jajaran pimpinan UIN dan akan dilakukan untuk seluruh dosen di lingkungan UIN.

Alamsyah menjelaskan, e-learning dipilih sebagai media pembelajaran daring karena dinilai relatif lebih lengkap dibandingkan aplikasi lain dan relevan dengan dunia akademis. “Selain itu, aplikasi e-learning juga memiliki kelebihan yang mampu memperlancar interaksi antar dosen dan mahasiswa, memudahkan proses akreditasi yang berkualitas dan akan meningkatkan rangking perguruan tinggi di dunia internasional, seperti pada Webometric dan Unirank,” ujarnya.

Dia juga berharap, pelatihan yang diikuti para guru besar ini dapat menginspirasi sekaligus memotivasi dosen-dosen lainnya untuk beradaptasi dan membiasakan diri mengajar secara daring dengan aplikasi e-learning yang dimiliki UIN Raden Intan Lampung.

Sementara itu, Prof Dr Tulus Suryanto SE MM Akt CA, guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, mengatakan bahwa aplikasi e-learning sangat baik dalam melakukan perkuliahan daring. Dia mengaku sudah terbiasa menggunakan aplikasi tersebut karena terbukti lebih efektif dan efisien.

“Sangat efektif. E-learning ini juga menyimpan semua proses pembelajaran dan aplikasi ini juga interaktif (antara dosen dan mahasiswa). Belum tentu perguruan tinggi lain memiliki e-learning selengkap kita,” ujarnya.

Pelatihan penggunaan e-learning yang diikuti guru besar UIN.

Sebelum pemberlakuan perkuliahan daring di masa normal baru, yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri, UIN Lampung memang telah memiliki aplikasi e-learning dan sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh atau daring, walau masih terbatas. Kebijakan terbaru tersebut juga untuk memperkuat ketentuan perkuliahan yang telah diatur dalam pedoman akademik tahun 2019. (NF/HI/Al)

Download WordPress Themes
Download Premium WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes
udemy course download free
download huawei firmware
Download WordPress Themes
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=

Sudah dibaca : 475 Kali