Home » Berita » Menko Kemaritiman Isi Kuliah Umum Di UIN

Menko Kemaritiman Isi Kuliah Umum Di UIN


Humas UIN RIL – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, isi kuliah umum di UIN Raden Intan Lampung, Selasa (4/9/2018). Kuliah umum ini diikuti oleh ribuan mahasiswa baru UIN tahun akademik 2018/2019.

Kuliah umum dengan tema Wawasan Kebangsaan Mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia,  Luhut berpesan kepada generasi muda untuk mengawal dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tinggal Ika. Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang dimasa mendatang akan menjadi pemimpin negara Indonesia.

“Generasi muda merupakan garda terdepan bagi pembangunan bangsa. Untuk itu saya menghimbau kepada generasi muda mampu mengamalkan Pancasila dan UUD 45,” ujarnya dihadapan peserta kuliah umum.

Menko melanjutkan, generasi muda juga harus memiliki karakter yang baik sehingga dapat diteladani orang lain. “Generasi penerus bangsa tidak hanya bermodalkan kecerdasan saja melainkan harus menjadi manusia berkarakter,” kata Luhut.

Dia pun berharap kepada mahasiswa yang hadir agar dapat menjadi manusia yang baik dan bisa membawa Indonesia lebih maju lagi. Di kesempatan itu pun, Luhut juga menyampaikan perkembangan ekonomi Indonesia dan dunia saat ini.

Sebagai narasumber utama, Menko Bidang Kemaritiman ini didampingi oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr H Moh Mukri MAg. Hadir juga pada kuliah umum tersebut para pejabat di lingkungan UIN, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Rektor UIN mengatakan, hadirnya Menko Bidang Kemaritiman untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kebangsaan kepada mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Menurutnya, wawasan kebangsaan sangat penting disampaikan kepada mahasiswa untuk mendapatkan perspektif baru dalam implementasi menjaga kedaulatan NKRI, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.

“Materi mengenai wawasan kebangsaan yang dibagi kepada mahasiswa di UIN oleh Menko Kemaritiman ini, mampu mencerahkan wawasan generasi muda dalam memaknai arti kebangsaan dalam membawa bangsa lebih maju, menjadi modern dan bermartabat,” tutur Prof Mukri.

Dihadapan Menko Bidang Kemariman tersebut, Prof Mukri pun menyampaikan bahwa provinsi Lampung seperti miniatur Indonesia. “Bagi kami, NKRI harga mati. Sekarang tugas kita bersama untuk mengembangkan dan memajukan bangsa ini,” pungkasnya. (NF/HI)

Sudah dibaca : 141 Kali