NOIS 1.0 Tajuk Lomba Video dan Desain Poster Bimbingan Konseling Islam

  • Admin Humas
  • Selasa, 21 November 2023
  • 665 Tampilan
blank
Kepala Biro AAKK, Dekan FDIK, Wakil Dekan FDIK, para dosen BKI beserta pengisi acara

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Dalam mendukung keahlian atau skillpara calon konselor muda, Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan sebuah eventkompetisi perdana bertajuk NOIS 1.0.

NOIS 1.0 adalah lomba tingkat nasional berupa lomba video Bimbingan Konseling Islam dan Desain Poster yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari perguruan tinggi seluruh Indonesia, yang sudah diselenggarakan pada 6-16 November 2023 yang lalu. Melalui material video dan desain poster,  panitia melakukan seleksi dan penjurian. 

Adapun para pemenang perlombaan tersebut diumumkan pada agenda Awarding Ceremony dan Talkshow yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom dan luring di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center UIN, Selasa (21/11/2023).

Acara yang mengusung tema Gen-Z Enthusiasm Improves Mental Health ini sebagai wadah agar Generasi Z lebih sadar akan pentingnya Kesehatan Mental. Dengan harapan tidak hanya ditunjukkan oleh skillpada peserta dalam cabang lomba Video Konseling dan lomba Desain Poster saja, tetapi juga seluruh mahasiswa BKI yang hadir secara luring dalam kegiatan tersebut. 

Dibuka langsung oleh Rektor yang diwakili Dr H Abdul Rahman MPd selaku Kepala Biro AAKK/Plt. AUPKK menyampaikan bahwa Generasi  Z adalah pemimpin masa depan. “Beban berat dalam menghadapi tuntutan zaman, harus diimbangi dengan kegiatan-kegiatan positif  semacam ini,  sehingga akan menjadi generasi yang kuat dan tangguh,” tandasnya 

Dekan FDIK UIN RIL Dr H Abdul Syukur MAg mengatakan pentingnya mempelajari mental health dalam psikologis Islam.

“Hal penting yang harus dimiliki oleh Generasi Z adalah pemahaman yang baik tentang kesehatan mental, karena sehat mental adalah ciri-ciri orang yang beriman,” tutur Dekan.

Oleh karena itu, kompetisi yang diadakan berupa lomba video konseling dan desain poster ini, sambungnya, merupakan media dakwah dengan menggunakan pendekatan psikologi Islam.

Sementara agenda talkshow diisi oleh Nugroho Arief Setiawan MPsi Psikolog dengan materi ‘Mendobrak Stigma: Menuju Gen-Z yang Tangguh’, talkshow ini bertujuan agar meningkatkan pengetahuan tentang dunia remaja di era globalisasi saat ini.

Berikut adalah daftar Pemenang Lomba Video Konseling dan Desain Poster, NOIS 1.0 2023.

Kategori Lomba Video Konseling :

  1. Juara 1 Deva Aulia Nuraeni & Anis Qutratuain ( UIN Mataram )
  2. Juara 2 Radika Irawan & M. Rahadian Abdillah ( UIN Raden Intan Lampung )
  3. Juara 3 Refah Adilah Nur & Lia Cahyani ( UIN Raden Intan Lampung )
  4. Harapan 1 Nur Sa’adah Daulay ( Universitas Ahmad Dahlan )
  5. Harapan 2 Ameliawati ( Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor )
  6. Harapan 3 Rindu Asa Desy Setyoningrum ( UIN KH. Achmad Shiddiq Jember )

Kategori Lomba Desain Poster :

  1. Juara 1 Ramadhani Rahmalia Husna (Universitas Gajah Mada )
  2. Juara 2 M. Ariz Adinata ( UIN Raden Fatah Palembang )
  3. Juara 3 Muhammad Fahreza Akbar ( UIN Raden Intan Lampung)
  4. Harapan 1 Anna Mardiah ( UIN Datokarama Palu )
  5. Harapan 2 Shafa Nur Azizah ( STKIP PGRI Bandar Lampung )
  6. Harapan 3 Nurul Amanah ( UIN Raden Intan Lampung )
  7. Desain Terfavorit Nur Ichsani Ahmad ( UIN Raden Intan Lampung )

Rep: Ifa (An/AH)