Pastikan Langkah Wujudkan Tiga Pilar Pengembangan Kampus, UIN Gelar Rapat Kerja

  • Admin Humas
  • Selasa, 24 Januari 2023
  • 212 Tampilan
Rektor, saat menjadi keynote speaker dalam Raker 2023

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Untuk memastikan langkah-langkah pencapaian tiga pilar utama pengembangan kampus, yaitu internasionalisasi, digitalisasi, dan kemandirian kampus dalam layanan pendidikan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menggelar Rapat Kerja (Raker) tahun 2023 yang mengusung tema Tata Kelola Perguruan Tinggi Unggul Menuju Rujukan Internasional.

Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD, yang menjadi Keynote speaker dalam acara yang berlangsung di Ballroom gedung akademik dan riset center (Selasa, 24/1), mengatakan bahwa tema yang diusung kali ini adalah sangat tepat. “Hal ini bukanlah utopia, karena memang kita memiliki data konkrit tak terbantahkan, bahwa berbagai capaian prestasi telah dimiliki UIN Raden Intan Lampung baik secara nasional maupun internasional,” ujar Rektor yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. 

Berbagai prestasi tersebut diantaranya, lanjut Rektor, kita berhasil naik peringkat dari 81 menjadi peringkat 61 Dunia sebagai kampus hijau berkelanjutan versi UI Greenmetric, yang menjadikan UIN RIL menduduki peringkat 8 Nasional seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dan peringkat 1 Nasional untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Selain itu, kita juga masuk dalam jajaran Universitas Islam terkemuka di dunia dengan menduduki peringkat 19 Dunia, peringkat 5 di Indonesia dan peringkat 2 PTKIN menurut lembaga pemeringkat dunia UniRank.

Rektor menambahkan, UIN RIL juga menduduki peringkat 9 Perguruan Tinggi Nasional kategori impact webometric, peringkat 65 top 100 world scientist dan selama 5 tahun belakang masuk dalam 10 besar peminat terbanyak mahasiswa baru.“Hal ini patut kita syukuri, karena Bapak Ibu semua terlibat dalam pencapaian prestasi ini,” ucap Rektor.

Di hadapan para peserta Raker dan tamu undangan, Rektor juga mengatakan bahwa untuk mencapai visi besar menjadi rujukan internasional diperlukan pengembangan kelembagaan skala internasional mulai dari tingkat Program Studi, Fakultas, dan Unit Penyelenggara Teknis (UPT), “Pengembangan ini harus terukur dan terstruktur secara jelas dari satu tahap ke tahap berikutnya,” imbuhnya.

Rektor berharap rapat kerja ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang jelas dalam mewujudkan target yang sudah ditentukan berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Ketua Panitia Raker, Dr Safari MSi MAg, menyebutkan bahwa peserta Rapat Kerja tahun 2023 ini berjumlah 264 orang yang berasal dari seluruh unsur pimpinan di lingkungan UIN RIL, akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari (24-28 Januari 2023).

Safari menjelaskan, bahwa selain narasumber internal, rapat kerja ini juga menghadirkan narasumber dari Kementerian, diantaranya Prof Dr Nizar Ali MAg (Sekjen Kemenag RI), Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng (Dirjen Dikti Ristek), Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani STP MT (Dirjen Pendis), Agusli Ilyas MSi (Analis Pengelolaan Keuangan APBN- Biro Keuangan Kemenag), dan Brain Tawazan ST (Kabag Perencanaan Dirjen Pendis).

Selain para peserta, tampak hadir pula dalam acara pembukaan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo, para mitra kerjasama, juga para kepala Madrasah Aliyah se-Provinsi Lampung. (An/HI)