PBAK 2023: Rektor Tekankan Inklusivitas, Toleransi, dan Kerjasama

  • Admin Humas
  • Selasa, 29 Agustus 2023
  • 478 Tampilan
blank
Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin saat berikan arahan kepada mahasiswa baru, Selasa (29/08/2023).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menekankan inklusivitas, toleransi, dan kerjasama dalam budaya akademik kampus. Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan kepada para mahasiswa baru dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) di Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (29/08/2023).

“UIN Raden Intan Lampung adalah tempat di mana berbagai latar belakang budaya, etnis, dan agama bersatu untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang harmonis,” ujar Rektor.

Rektor mengingatkan bahwa keberagaman adalah kekayaan yang perlu kita jaga bersama. Melalui interaksi dengan teman-teman se-kampus yang beragam, para mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk memperluas pandangan dan memahami dunia dari berbagai perspektif.

“Di UIN Raden Intan Lampung, kami menghargai nilai-nilai keilmuan yang diterangi oleh cahaya agama. Kita meyakini bahwa pengetahuan yang baik adalah yang membawa kebaikan bagi manusia dan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam perjalanan pendidikan Anda di sini, saya mengajak Anda untuk senantiasa berusaha mencari ilmu dengan tekun, kritis, dan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbersih dan terasri se-Indonesia dan ranking ke 61 Dunia berdasarkan penilaian UI Green Metric.

Marhaban, Ahlan wasahlan, Welcome to Islamic State University Raden Intan Lampung kampus PTKIN terbersih dan terasri peringkat pertama se-Indonesia dan peringkat ke-61 se-Dunia,” ucap Rektor yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Rektor menyampaikan bahwa mahasiswa baru tidak salah memilih perguruan tinggi karena UIN Raden Intan Lampung adalah salah satu kampus yang diminati serta bercirikan keislaman dengan tagline utama Ber-ISI, Intellectuality, Spiritualitydan Integrity.

blank
Rektor dan Ketua Senat UIN Raden Intan Lampung berpose bersama dengan para mahasiswa baru usai penyematan jaket almamater

Rektor berharap, para mahasiswa baru tidak hanya akan menjadi cendekiawan yang berkualitas, tetapi juga individu yang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. 

“Dunia membutuhkan pemimpin masa depan yang berintegritas dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Mari kita bersama-sama mengembangkan potensi kita tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kebaikan bersama,” ajak Rektor.

Sebagai informasi, PBAK UIN Raden Intan Lampung dilaksanakan pada 29-31 Agustus 2023 dan diikuti sebanyak 4926 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 dari 6 fakultas yang ada. (An/AH)