Home » Berita » Pelatihan Job Seeking Fasilitasi Mahasiswa Tingkatkan Soft Skills

Pelatihan Job Seeking Fasilitasi Mahasiswa Tingkatkan Soft Skills

Sudah dibaca : 336 Kali


Wakil Rektor III Prof. Wan Jamaluddin (kiri) saat membuka kegiatan pelatihan job seeking. (Dok. Ist)

UPT Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir UIN Raden Intan Lampung selenggarakan pelatihan job seeking untuk mahasiswa. Pelatihan berlangsung secara daring dan luring, Selasa (25/5/2021).

Peserta daring diikuti oleh 170 mahasiswa melalui aplikasi Zoom dan luring diikuti 30 mahasiswa di Ruang Seminar Rektorat lt.3 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Helmi Yansyah (Ketua Korwil Group Astra Lampung) dan Diah Utaminingsih MA Psi (Ketua Program Studi BK Universitas Lampung).

Kepala UPT  Dr Efa Rodiah Nur MH mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan soft skills mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. “Kita lakukan pembinaan terhadap mahasiswa, agar mereka siap dan percaya diri ketika sudah lulus kuliah,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu memantik peningkatan kemampuan mahasiswa baik dari segi keilmuan, keterampilan, maupun berbagai hal pengetahuan mengenai dunia kerja. UPT Karir ini juga terus mendorong mahasiswa untuk dapat magang pada perusahaan, lembaga pemerintah maupun non-pemerintah untuk mendapat pengalaman.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor (WR) III Prof Wan Jamaluddin PhD. WR III menyampaikan pentingnya pembekalan diri diantaranya dengan pengembangan soft skills dan pengalaman.

Foto bersama Wakil Rektor III, Tim UPT Karir, Narasumber, dan Mahasiswa. (Dok. Ist)

“Output dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kelak mampu menurunkan angka pengangguran. Pelatihan ini penting dalam memberikan gambaran mengenai menciptakan CV (Curriculum Vitae) yang mengesankan serta meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa yang akan menjadi alumni,” ungkap Prof Wan.

Pelatihan ini juga dinilai sangat penting untuk mahasiswa khususnya dalam merespon tantangan revolusi industri 4.0. (Rls – NF/HI)