Pembekalan DPL KKN, Rektor Ingatkan Aspek Intelektual dan Moral

  • Admin Humas
  • Selasa, 07 Juni 2022
  • 625 Tampilan
Wakil Rektor III (kiri) Dr. Idrus Ruslan mewakili Rektor membuka Pembekalan KKN-DR, Selasa (7/6/2022).

Rektor UIN Raden Intan Lampung mengingatkan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk diteruskan kepada mahasiswa peserta KKN agar mengedepankan aspek intelektual dan moral. Menurutnya, aspek ini akan membentuk mahasiswa dalam memiliki integritas.

Demikian sambutan Rektor yang dibacakan Wakil Rektor (WR) III Dr Idrus Ruslan MAg saat pembekalan DPL KKN di GSG UIN, Selasa (7/6/2022). Pembekalan ini diikuti oleh 215 DPL.

Dia menjelaskan, KKN merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi, yang ketiganya tidak bisa dipisahkan karena sudah menjadi satu kesatuan yang integral. Meskipun sudah dua tahun terakhir KKN dilaksanakan Dari Rumah (DR), lanjut Rektor, namun pelaksanaan harus tetap dilakukan dengan penuh inisiatif dan kreatif.

“Tentunya banyak hal baru yang dapat dilakukan. Saya yakin dengan kreativitas dan inovasi dari mahasiswa,” paparnya.

Rektor juga menekankan kepada mahasiswa agar tidak menyebarkan paham yang menyesatkan. “Jangan sampai mahasiswa menyebarkan paham yang tidak toleran, tidak moderat, yang dapat memecah belah masyarakat,” imbuhnya.

WR III menambahkan, ada beberapa Kepala Desa yang disurvey mengaku cukup puas dengan KKN mahasiswa dari UIN.  “Meski ada beberapa saran dan masukan, perlu diingat bahwa di pundak kita semua tersemat label intelektual muslim. Jangan sampai perilaku dan ucapan tidak mencerminkan intelektual muslim,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Dr Kumedi Jafar MH menyampaikan bahwa selain bentuk pengabdian dalam tridarma, KKN juga pembelajaran bagi mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. “Mari kita berkontribusi yang terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana KKN Dr Rubhan Masykur MPd melaporkan, tahun ini terdapat 4 skema pelaksanaan KKN. Pertama, KKN Reguler atau KKN-DR pada 22 Juni sampai 31 Juli 2022.

KKN-DR  diikuti oleh 5543 mahasiswa yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dan di luar Lampung sesuai dengan domisili mahasiswa.

Kedua, KKN Kebangsaan yang diikuti oleh 5 orang mahasiswa berlangsung pada 16 Juli sampai 20 Agustus 2022 di Kalimantan Tengah. Ketiga, KKN Melayu Serumpun diikuti oleh 9 mahasiswa akan dilaksanakan pada 21 Juni sampai 30 Juli 2022 di Provinsi Aceh.

Dan terakhir KKN Moderasi Beragama yang direncanakan dilaksanakan di Papua. KKN Moderasi Beragama ini akan diputuskan pada 10 Juni 2022 oleh Kementerian Agama.

Pembekalan DPL KKN tersebut menghadirkan narasumber yaitu Muhammad Basri SPd MPd (Ketua BP KKN Universitas Lampung) dan Bayu Cahyoatmoko Putroaji ST (PTIPD UIN Raden Intan Lampung). (NF/HI)