Pembekalan PPL, Dekan FTK: Mahasiswa Harus Punya Kompetensi

  • Admin Humas
  • Kamis, 24 Agustus 2023
  • 666 Tampilan
blank
Dekan FTK, Prof Nirva Diana saat sampaikan sambutan pada pembekalan peserta PPL, Kamis (24/08/20230.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd berpesan kepada para mahasiswa agar memiliki kompetensi. Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Pembekalan Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) UIN, Kamis (24/08).

Kompetensi tersebut diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan sosial, kompetensi kepemimpinan serta kompetensi digital.

“Adik-adik semua harus bisa mengikuti perkembangan yang ada di dunia pendidikan saat ini,” ujar Dekan.

Dekan mengatakan, para mahasiswa akan melakukan real teaching yang akan dihadapkan dengan kondisi pendidikan Indonesia. Tidak hanya berhadapan dengan peserta didik, namun juga guru pamong, kepala sekolah dan staf yang ada di sekolah. Oleh karena itu, sambung Dekan, selain dengan adanya kompetensi, para mahasiswa sebagai calon guru harus memiliki akhlakul karimah sebagai landasan.

“Kita (guru) harus berpijak pada landasan-landasan Islami. Akhlakul karimah sebagai landasan bersikap harus kita implementasikan di sekolah kita masing-masing,” tegas Dekan.

Sebanyak 1931 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada 28 Agustus – 06 Oktober 2023.

Ketua Pelaksana, Dr H Mujib MPd, melaporkan, kegiatan PPL FTK tahun 2023 diikuti oleh mahasiswa semester 7 dari 12 prodi, dengan rincian prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 275, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 105, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 250, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 219, Pendidikan Matematika (PMTK) 158, Pendidikan Biologi (PBIO) 170, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 126, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 259, Pendidikan Fisika (PFIS) 47, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 279, Sistem Informasi (Sisfo) 20, dan Biologi 19 mahasiswa.

blank
Dekan dan para dosen FTK, Sekretaris Disdikbud (tengah), dan Peserta Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UIN Raden Intan Lampung Tahun 2023

Peserta nantinya akan disebar ke 157 tempat yaitu 155 sekolah dan madrasah yang ada di Provinsi Lampung terdiri dari 24 TK/PIAUD, 25 SD/MI, 48 SMP/MTS dan 58 SMA/MA/SMK. Serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dan Balai Pelatihan Pertanian Lampung untuk para mahasiswa Biologi yang akan menjadi tenaga-tenaga profesional di bidangnya.

Para mahasiswa PPL diberikan arahan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandar Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Disdikbud, Weka Tri Rakhmad SE. Kemudian pembekalan mengenai Kurikulum Merdeka serta penyusunan perangkat pembelajaran oleh para dosen FTK. (An/AH)