Pendaftar SPAN-PTKIN Meningkat

  • Admin Humas
  • Selasa, 21 Maret 2023
  • 900 Tampilan
blank
Koordinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN (kiri) didampingi Ketua Forum Humas PTKIN saat press conference.

Jakarta (Humas UIN RIL) – Jumlah pendaftar mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Hal demikian disampaikan oleh koordinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Dr Mukhamad Rikza Chammami MSi saat acara press conference di Grand Orchardz. Selasa, 21 Maret 2023.

Pendaftaran melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2023 tercatat sebanyak 176.413 siswa melakukan finalisasi. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu, yang berjumlah 172.971 siswa.

Dr M Rikza Chamami yang didampingi oleh Ketua Forum Humas PTKIN, Hayatul Islam. menerangkan bahwa seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri digelar serentak bersama-sama. “58 PTKIN Seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Agama melakukan seleksi bersama lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” ujar Rikza.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun 2023 ini terdapat 177.135 kuota mahasiswa baru di PTKIN yang terbagi pada dua jalur seleksi nasional (SPAN dan UM PTKIN) dan jalur mandiri oleh masing-masing PTKIN.

 “Kuota mahasiswa baru di PTKIN sebanyak 177.135, terbagi 33% ada di jalur SPAN-PTKIN, 44% UM-PTKIN dan 20% Jalur mandiri” Tambahnya

Saat ini seleksi yang sedang berjalan adalah proses penilaian jalur SPAN-PTKIN, dimana proses penilaian digunakan menggunakan skor nilai rata-rata mata pelajaran, nilai rata-rata mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya.

 “Dokumen pendaftaran oleh siswa sedang dilakukan proses penilaian dan akan diumumkan pada 3 april mendatang,” tutup Rikza.

Adapun jalur UM-PTKIN akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023 – 15 Mei 2023, ketentuan syarat pendaftaran dapat dilihat secara berkala pada laman um-ptkin.ac.id dan pmb.radenintan.ac.id. (HI)