Pendidikan Pramuka Bangun Karakter Unggul

  • Admin Humas
  • Rabu, 12 Desember 2018
  • 2332 Tampilan

Wakil Rektor III Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Pd membuka kegiatan KMD PGMI UIN 2018 Pusdiklatda Kwarda Lampung, Selasa (11/12). (Dok: Humas UIN)

Humas UIN RIL – Revolusi mental yang di gagas pemerintah secara esensi ada dalam pendidikan pramuka. Karakter yang dibangun seperti religiusitas, kepemimpinan, jujur, dan kemandirian pada pendidikan pramuka dianggap mampu membangun SDM bangsa menjadi unggul.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Rektor (WR) III Prof Dr Syaiful Anwar MPd saat membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) gelombang 2 bagi mahasiswa prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung di Pusdiklatda Intan Pura, Kwarda Lampung, Bandar Lampung, Selasa (11/12/2018).

“Pelatihan ini pasti bermanfaat untuk membina anak didik kita di masa mendatang untuk menjadi pribadi yang unggul dan berakhlakul karimah,” kata Prof Syaiful mewakili rektor dihadapan peserta KMD.

KMD gelombang 2 berlangsung pada 11-16 Desember 2018 dan diikuti oleh 108 peserta. Sebelumnya, KMD gelombang 1 teralh berlangsung 30 November – 5 Desember 2018 yang diikuti oleh 107 peserta.

WR III berpesan mahasiswa peserta KMD untuk ikuti pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh. “Karena ini menjadi tugas dan tanggung jawab kalian kelak. Semoga kalian bisa menjadi pilar untuk mendidik, membimbing dan membina anak-anak didik nanti,” pesannya.

Sementara, dikesempatan yang sama Ketua Pusdiklatda Kwarda Lampung Dr Afif Anshori MAg memaparkan, kegiatan KMD tersebut menggunakan pola pendidikan dari peserta, oleh peserta dan untuk peserta. “Pelatih hanya membimbing saja,” ujarnya.

Upacara pembukaan KMD Gelombang 2 PGMI UIN 2018 di Pusdiklatda Kwarda Lampung, Selasa (11/12). (Dok: Humas UIN)

Kepala Perpustakaan UIN Raden Intan ini pun menjelaskan,  ijazah atau sertifikat KMD akan menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Mahasiswa PGMI harus mengerti pramuka, karena sesuai dengan kurikulum 2013,” kata Afif.

Hadir juga pada pembukaan KMD gelombang 2 ini Kepala Biro AAKK UIN; Ketua, Sekretaris dan dosen PGMI;  Ketua Kwarda Lampung yang diwakili Wakil Ketua 2 dan 5 beserta jajaran; para andalan; dan korps pelatih. (NF/HI)