Home » Berita » Pengelola Jurnal UIN Belajar Bersama di Universiti Malaya

Pengelola Jurnal UIN Belajar Bersama di Universiti Malaya


Pengelola Jurnal UIN Raden Intan berdiskusi dengan Pengelola Jurnal Universiti Malaya. Foto: Tim Jurnal

Malaysia – Prof Dr Mohd Roslan Moh Nor, penyunting jurnal Tamaddun yang juga Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya menerima delegasi UIN Raden Intan Lampung di Kuala Lumpur, Kamis (15/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut, para pengelola jurnal UIN Raden Intan belajar dari pengalaman Jurnal Al-Bayan yang sudah terindeks di Scopus. Salah satu model penerbitan jurnal yang diwujudkan Universiti Malaya adalah kerjasama dengan penerbit Brill. Kerjasama tersebut memungkinkan jurnal Al-Bayan sehingga bisa terindeks di Scopus.

Sementara itu, jurnal Tamaddun yang juga sudah terindeks di ESCI sementara ini mengajukan usulan untuk terindeks di Scopus. Salah satu strategi yang digunakan Universiti Malaya adalah dengan membuka diri untuk bekerja sama dengan pelbagai pihak untuk penerbitan artikel. Prof Roslan menyebutnya amal jama’i (bekerja bersama).

“Salah satu kunci penting diantara kunci lain adalah kerjasama. Baik pada penulisan, mitra bestari, dan editor. Ketiganya perlu bersama-sama dengan komunitas akademik dari pelbagai perguruan tinggi,” ujar Roslan.

Foto bersama delegasi UIN Raden Intan dengan Pimpinan Universiti Malaya. Foto: Tim Jurnal

Dalam kesempatan tersebut, rombongan juga turut menyaksikan pameran yang dilaksanakan mahasiswa Universiti Malaya dalam menyambut Pekan Akademik. Mahasiswa membuka stand untuk memberikan informasi tentang setiap jurusan yang ada dalam lingkungan Akademi Pengajian Islam. (IS/AQ/NF)

Sudah dibaca : 392 Kali