Home » Berita » Penilaian Kampus Hijau, Peringkat UIN Naik Signifikan

Penilaian Kampus Hijau, Peringkat UIN Naik Signifikan


Sertifikat penghargaan dari UI GreenMetric.

UIN Raden Intan Lampung menempati peringkat ke-11 perguruan tinggi se-Indonesia dan ke-172 tingkat dunia untuk kampus hijau berkelanjutan berdasarkan penilaian dari UI GreenMetric tahun 2019. Tahun Sebelumnya, UIN Lampung menduduki peringkat ke-18 se-Indonesia dan 337 tingkat dunia.

Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan perguruan tinggi se-Sumatera, UIN menempati peringkat pertama. Pemeringkatan ini diumumkan oleh UI GreenMetric, Selasa (3/11), di kampus setempat, Depok.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg turut hadir menyaksikan pengumuman tersebut. Rektor merasa bersyukur atas peringkat UIN Lampung itu.

“Kita bersyukur karena on the track. Bukan hanya ingin kampusnya bersih, tetapi juga ada recognisi (penghargaan) dari lembaga terkait yakni UI GreenMetric,” katanya.

Menurutnya, capain ini bukan hanya menginspirasi warga kampus UIN, tetapi juga kampus yang lain seperti PTKIN se-Indonesia. “Fastabiqul khoirot, kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Kedepan harapannya bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

“Ranking itu tentunya bukan yang utama, tetapi ini sebagai ekspresi dari kesungguhan kita untuk mewujudkan kampus yang bersih, nyaman dan demi generasi mendatang. Dan penghargaan ini untuk seluruh sivitas akademika (UIN),” tambah Prof Mukri.

Rektor UIN menerima sertifikat penghargaan dari Ketua UI GreenMetric. (Dok. Ist)

UI Greenmetric merupakan lembaga di bawah Universitas Indonesia yang menilai kampus hijau dan berwawasan lingkungan di seluruh dunia. Tahun ini, jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari tahun sebelumnya sebanyak 719 perguruan tinggi dari 81 negara.

Pemeringkatan UI GreenMetric dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Adapun bobot indikator penilaiannya terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Hadir juga pada pengumuman pemeringkatan ini Menteri Riset dan Teknologi /Badan Riset Inovasi Nasional RI Prof Bambang Brodjonegoro; perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI; Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis MMet; serta Ketua UI GreenMetric Prof Dr Riri Fitri Sari MSc MM. (NF/HI)

Sudah dibaca : 408 Kali