Home » Berita » Peringati Hardiknas, Prodi Pendidikan Biologi Selenggarakan 4 Seri Webinar

Peringati Hardiknas, Prodi Pendidikan Biologi Selenggarakan 4 Seri Webinar


Jadwal Webinar PSPB.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020, Prodi Pendidikan Biologi (PSPB) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung selenggarakan 4 Seri Webinar.  

Ketua PSPB Dr Eko Kuswanto MSi mengatakan, Covid-19 mengajarkan banyak hal kepada umat manusia, termasuk kepada para pendidik dan mahasiswa. “Berbagai upaya terus dilakukan untuk mereka tetap bergerak belajar, mengajar, dan menjaga keilmuan meski tetap bekerja dan belajar dari rumah,” ujarnya.

Webinar merupakan seminar yang dilakukan secara daring atau tanpa tatap muka secara langsung. “Webinar adalah satu upaya berbagi ilmu dan pengalaman dari pakar di bidangnya dan dapat dilakukan secara mudah dan murah,” lanjut Eko.

Menurutnya, dalam keadaan normal sebelum pandemi, cukup sulit mengumpulkan 100 orang baik internal kampus maupun dari seluruh penjuru nusantara dengan kendala waktu dan tempat. “Dengan webinar, hal ini menjadi mudah untuk diselenggarakan. Webinar menjadikan sebuah kegiatan dapat dikelola secara efisien dan berdampak sangat efektif,” ungkapnya.

Salah satu narasumber webinar saat menyampaikan materi. (Dok. PSPB)

Webinar seri 1 dengan tema Kiat Menembus Jurnal Terindeks Scopus, berlangsung pada Senin, 4 Mei 2020. Webinar ini diikuti oleh 100 peserta baik dari internal UIN maupun eksternal, dengan 80 persen peserta adalah dosen dan selebihnya mahasiswa.

Narasumber pada seri pertama yaitu Antomi Saregar MPd MSi (Ketua Rumah Jurnal UIN/Editor in Chief Jurnal Al-Biruni) dan Muhammad Syazali MSi (Sekretaris Rumah Jurnal/Managing Editor Jurnal Al-Jabar) serta dimoderatori oleh Irwandani MPd (Sekretatis Prodi Pendidikan Bahasa Arab/Editor in Chief Jurnal Tadris).

Seri 2 berlangsung pada Selasa, 5 Mei 2020, dengan tema Merancang Riset Biologi dan Pendidikan Biologi Pada Masa Covid-19. Webinar seri 2 diikuti oleh 90 dosen dari 32 perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kerjasama PSPB dengan Asosiasi Dosen Biologi Pendidikan Biologi – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia (ADBPB PTKI Indonesia).

Narasumber seri 2 yakni Dr Mashuri Masri MKes (Ketua Umum ADBPB PTKI – UIN Alauddin Makasar); Dr Tri Cahyanto MSi (Sekretaris Jenderal ADBPB PTKI – UIN Sunan Gunung Djati Bandung); dan Dr Irham Falahuddin MSi (Wakil Ketua II ADBPB PTKI – UIN Raden Fatah Palembang), serta moderator Dr Eko Kuswanto MSi (Ketua PSPB FTK UIN Raden Intan Lampung).

Seri 3 mengangkat tema Menulis Buku, Mengabadikan Karya pada Senin, 11 Mei 2020. Narasumber pada webinar ini yaitu Prof Deden Makbulloh MAg (Ketua LPM UIN Raden Intan/Penulis Buku “Pendidikan Islam dan Sistem Penjamin Mutu”); Dr Yuberti MPd (Ketua Prodi Pendidikan Fisika FTK/Penulis Buku “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains”); dan Dr Khumeidi Ja’far MH (Wakil Dekan I Fakultas Syariah/Penulis Buku “Hukum Keluarga Islam di Indonesia”). Webinar Seri 3 dimoderatori oleh Fredi Ganda Putra MPd (Sekretaris PSPB FTK/Editor in Chief Jurnal Al-Jabar).

Peserta webinar seri 1. (Dok. PSPB)

Kemudian seri 4 berlangsung pada Kamis, 14 Mei 2020, dengan tema Pelatihan Mendesain Konten Instagram Standar Kehumasan dengan narasumber yaitu Hayatul Islam SE MAk (Kasubbag Humas UIN Raden Intan) dan Rori Septian SPd (Stafsus PSPB FTK Bidang Humas dan TI), serta dimoderatori oleh Refi Mariska (Ketua Himapibio). Webinar seri 4 akan diikuti oleh para mahasiswa untuk menyamakan persepsi tentang konten media sosial yang sesuai standar kehumasan. (NF/HI)

Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes
Download WordPress Themes
Download WordPress Themes Free
udemy course download free
download lava firmware
Download Nulled WordPress Themes
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=

Sudah dibaca : 1914 Kali