Peringati HUT Ke-75 RI, Rektor Ajak Semua Elemen Bangun Sinergi

  • Admin Humas
  • Selasa, 18 Agustus 2020
  • 2106 Tampilan
blank
Rektor (tengah) beserta jajaran saat mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI secara virtual.

Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg mengajak semua pihak untuk membangun sinergi demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Hal ini disampaikan saat mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI secara virtual yang ditayangan stasiun televisi dari Istana Negara, Senin (17/8/2020). Upacara virtual tersebut diikuti dari Kampus UIN, Sukarame, Bandar Lampung dan dihadiri segenap unsur pimpinan UIN Raden Intan Lampung.

“Untuk sejahtera dan menjadi negara maju, ini (butuh) banyak elemen. Tidak cukup hanya ganti Presiden. Sama seperti kampus ini, banyak mendapat apresiasi dan penghargaan karena hasil sinergitas. Tidak ada orang hebat sendirian. Ketika kita mampu mengonsolidasikan energi positif kita, maka akan menjadi kekuatan dan  kejayaan itu hanya persoalan waktu,” kata Rektor.

Menurutnya, silaturahmi dan berdiskusi mampu memunculkan ide dan gagasan yang baik. “Dulu, kongkow atau duduk bareng seperti ini memunculkan ide gagasan (para pendiri bangsa). Ini (kebersamaan) menjadi embrio cikal bakal terbangunnya NKRI,” lanjutnya.

Di Hari Kemerdekaan ini, dia pun mengajak untuk merefleksikan fenomena kebangsaan dan yang sudah kita lakukan selama ini. “Indonesia merdeka bukan tanpa pengorbanan, bukan diberi, tapi direbut. Hari ini kita beryukur, ditakdirkan berjuang dalam dunia pendidikan. Ini juga sebagai bentuk proses pembebasan atau memerdekakan dari penjajahan yang lain yaitu kebodohan,” ungkap Prof Mukri.

blank
Foto bersama pimpinan UIN usai melaksanakan upacara virtual.

Indonesia dengan beragam suku dan budaya, Rektor UIN juga mengingatkan untuk tidak rasis dan mengedepankan toleransi. “Mari kita menjadi dewasa, arif, dan bijaksana untuk tidak rasis. Ini salah satu penghargaan kita terhadap bangsa Indonesia,” tambahnya. (NF/HI)