Peringati Nuzulul Qur’an, LP2M Safari Ramadan ke Tubaba

  • Admin Humas
  • Kamis, 28 Maret 2024
  • 244 Tampilan

Tulang Bawang Barat (Humas UIN RIL) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) kembali lakukan Safari Ramadan 1445 H, Rabu (27/3/2024). Kegiatan yang berlokasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Darus Sholihin Tebu Ireng 12 Tulang Bawang Barat (Tubaba) sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an pada 16 Ramadan malam ke-17.

Nuzulul Qur’an adalah momentum turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW dan merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah peradaban Islam. Dengan peristiwa tersebut, umat Islam diharapkan dapat mempelajari, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Ketua LP2M Prof Dr H A Kumedi Ja’far MH mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah sumber dari segala ilmu. “Mari kita pelajari dan amalkan isi kandungan dalam Al-Qur’an. Terlebih di bulan suci Ramadan ini, mari kita perbanyak tadarus atau membaca Al-Qur’an,” ajaknya saat menyampaikan hikmah Nuzulul Qur’an di hadapan Santri Ponpes Darus Sholihin Tebu Ireng 12 Tubaba.

Pada kesempatan yang sama, Kepala P2M Dr Eko Kuswanto MSi menyampaikan, selain wadah silaturahmi, Safari Ramadan ini juga sebagai bentuk pengabdian dari sivitas akademika kepada masyarakat. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Ponpes yang sangat hangat menyambut tim dari UIN Raden Intan Lampung.

“Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan kepada Pak Yai beserta jajaran pengurus Ponpes yang telah menyambut kedatangan kami dengan hangat. Saya juga mengapresiasi ponpes ini. Selain ilmu agama, para santri di sini juga diajarkan mengenai kewirausahaan,” ucap Eko.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes KH Wahyudin Tohir SPdI mengatakan bahwa silaturahmi dari UIN Raden Intan Lampung ini merupakan sejarah penting bagi dirinya, pondok pesantren, dan tentunya para santri.

“Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak UIN yang telah berkunjung dan memilih ponpes ini untuk kegiatan Safari Ramadan ini. Hal ini pasti kami ingat, ini sejarah bagi kami, tentunya para santri yang mungkin akan selalu terkenang sepanjang hidupnya,” pungkas KH Wahyudin.

Selain pimpinan, pengurus, dan santri, Safari Ramadan ini juga dihadiri oleh masyarakat sekitar Ponpes. Pada kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Intan Lampung. (NF/AH)