Pimpinan FS Paparkan Visi, Misi, dan Sistem Perkuliahan

  • Admin Humas
  • Selasa, 06 Agustus 2019
  • 1992 Tampilan
Dekan FS beserta Wakil Dekan FS dan Kabag TU FS. (Dok. Ist)

Pimpinan Fakultas Syariah (FS) memaparkan materi tentang visi, misi, dan sistem perkuliahan dihadapan peserta PBAK 2019 di Aula FS, Selasa (6/8).

FS terdiri dari 3 prodi yaitu prodi Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara, dan Hukum Ekonomi Syariah. Tahun ini jumlah mahasiswa baru yang masuk kedalam fakultas syariah sebanyak 1138 orang.

Kegiatan PBAK ditingkat fakultas dipandu langsung oleh Kabag TU Harto Wibowo MM. Hadiri pada kegiatan ini unsur pimpinan fakultas yang meliputi dekan, para wakil dekan dan ketua/sekretaris prodi.

Dalam materinya, Dekan FS Dr KH Khairuddin Tahmid MH menjelaskan mengenai visi, misi dan tujuan FS. “Visi Fakultas Syariah yaitu menghasilkan sarjana yang unggul. Unggul dalam pendidikan, pengkajian, penelitian, pengabdian dalam masyarakat serta ahli dalam ilmu-ilmu hukum Islam dan ilmu-ilmu hukum positif, yang mana unggulnya itu unggul berkeindonesiaan,” terangnya

Setelah pemaparan tersebut, materi dilanjutkan dengan penyampaian dari Wakil Dekan (WD) I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr Khumeidi Ja’far MH. Dia menjelaskan tentang kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Mulai tahun ini sudah ada yang namanya kurikulum KKNI, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi mata kuliah dalam aspek afektif (sikap), aspek kognitif (materi), dan aspek psikomotorik (praktek) serta kurikulum ini juga merupakan perwujudan jati diri terkait sistem perkuliahan,” ujar Khumeidi.

“Untuk dapat lulus dari Fakultas Syariah, seluruh mahasiswa harus menyelesaikan beban SKS  sebanyak 151 SKS. Adapun terkait tentang jajaran dosen di fakultas syariah berjumlah 78 orang dosen, yang terbagi kedalam dua bagian yaitu 58 orang dosen tetap PNS dan 20 orang dosen tetap Non-PNS,” tambah WD I FS.

Selain bidang akademik, disampaikan juga materi terkait administasi umum, sarana prasarana dan kemahasiswaan oleh WD II Dr Hj Zuhraini MH dan WD III Dr M Zaki MH.

Reporter : Shinta Renika

Editor : NF/HI