Home » Berita » Pimpinan UIN Ikuti Workshop Implementasi ISO Sistem Manajemen Lingkungan

Pimpinan UIN Ikuti Workshop Implementasi ISO Sistem Manajemen Lingkungan


Rektor UIN Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag saat menyampaikan arahan pada workshop implementasi ISO 14001.

Dalam rangka implementasi ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan (SML) di kampus UIN Raden Intan Lampung, pimpinan UIN dari setiap unit kerja ikuti workshop virtual penerapan ISO tersebut.

Workshop virtual ISO 14001 berlangsung pada Senin (8/6/2020) melalui aplikasi Zoom. Hadir sebagai narasumber yakni Priyo Wasono yang berlatarbelakang konsultan lingkungan.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg mengatakan, workshop ini sangat penting guna menyatukan pandangan untuk mewujudkan visi UIN. “Visi (UIN) ini merupakan komitmen bersama. Mari kita bangun spirit, mengomunikasikan, mengedukasi sesuatu kebaikan dan cinta lingkungan,” kata Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa implementasi ISO ini akan dijadikan sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) disetiap unit kerja. “ISO sebagai acuan dan memotret apa yang sudah, sedang, dan apa yang akan kita lakukan,” tambahnya.

ISO 14001 merupakan standar yang disepakati secara internasional dalam menerapkan persyaratan SML. SML membantu organisasi memperbaiki kinerja lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan pengurangan limbah, sehingga mendapatkan keunggulan kompetitif dan kepercayaan pemangku kepentingan serta masyarakat.

SML ini juga untuk mengidentifikasi, mengelola, memantau dan mengendalikan masalah lingkungan mereka secara menyeluruh. Dokumen ISO 14001 yang akan diimplementasikan di UIN nantinya sebagai acuan dan pedoman dari setiap unsur dan unit kerja yang ada di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.  

Workshop ini akan berlangsung beberapa kali sampai tersusunnya dokumen penjabaran ISO 14001 dan kebijakan pimpinan  tentang implementasi ISO tersebut. (NF/HI)

Sudah dibaca : 517 Kali