Porseni XIII Ma’had Al Jami’ah, Asah Bidang Seni dan Olahraga Mahasantri UIN RIL

  • Admin Humas
  • Jumat, 02 Februari 2024
  • 489 Tampilan
blank
Lomba Tari Daerah Mahasantri Ma’had Al Jami’ah UIN RIL

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XIII pada 30 Januari – 4 Februari 2024. Tahun ini, Porseni yang ke-13 mengusung tema “Show Your Talent With Your Passion”.

Kegiatan ini terdapat 16 cabang perlombaan berbagai cabang olahraga, seperti Lomba Badminton, Kaligrafi, Lari Estafet, Futsal, Lagu Daerah, Jurnalistik, Voly Putri, Syarhil, Tahfidz, Desain Grafis, Catur, Act It Out, Rangking 1, Tari Daerah, Pidato Bahasa Inggris, dan Fotografi.

Tari Bedana Lunik mengawali pembukaan yang dibawakan oleh mahasantri semester 1 dengan latar belakang prodi dan fakultas yang berbeda dan dilanjutkan dengan parade sebagai gambaran 16 cabang perlombaan pada porseni tahun ini.

Flashmob semangat baru dengan maskot ‘Lemadu’ turut memeriahkan pembukaan kegiatan. Berbeda dari tahun sebelumnya, Porseni 2024 diikuti oleh kurang lebih 790 an mahasantri yang berasal dari asrama 1 maupun 2.

Porseni dibuka oleh Prof Dr H Idrus Ruslan MAg di Halaman Ma’had Al Jami’ah, (30/1/2024) yang didampingi maskot Lemadu. Prof Idrus menyampaikan, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengasah potensi diri sehingga mampu untuk berlaga dan ikut serta pada event bergengsi nasional seperti Pesona (Pekan Olahraga dan Seni Nasional) maupun event kancah internasional.

blank
Prof Dr H Idrus Ruslan MAg saat memberikan sambutan pada Porseni XIII

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan itu juga mengingatkan, meskipun menjadi seorang mahasantri terkesan berat, namun hal tersebut diharapkan dapat membangun karakter masing-masing menjadi pribadi yang lebih baik. Selama ini Ma’had Al Jamiah telah mencetak banyak orang terbaik dari bidang agama maupun akademik.

Prof Idrus berpesan untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan hal-hal positif yang belum tentu ada di luar Ma’had.Ia menekankan kepada mahasiswa asrama 1 dan 2 untuk mengikuti peraturan yang ada di Mahad Al Jamiah UIN Raden Intan Lampung demi kedisiplinan dan kebaikan.

Sementara Ustadz Muhammad Nur MHum selaku mudir Ma’had Al Jamiah UIN Raden Intan Lampung mengatakan Ma’had melaksanakan kegiatan porseni setelah melaksanakan kegiatan-kegiatan lain sebelumnya.

“Kegiatan qofilah  baru kemarin selesai dilanjut dengan language camp dan Porseni. Memang butuh mental yang kuat untuk bisa tinggal di Mahad,” ujarnya.

“Mah’ad Al Jami’ah merupakan pesantren mahasiswa yang tidak anti dengan seni, dunia olahraga maupunn bidang akademik,” tambahnya.Mudir berharap, setelah kegiatan ini akan muncul bakat-bakat dibidang seni maupun olahraga.

“Setelah ini masih ada banyak kegiatan yang akan diteruskan sampai bulan Juni. Semoga kegiatan ini diberkahi dan diridhoi oleh Allah,” tutupnya seraya memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan panitia serta mahasantri yang ikut serta pada kegiatan Porseni 2024. (Rls-An/AH)