Hadapi Pandemi PPs UIN Atur Pelaksanaan Ujian Magister dan Doktor

  • Admin Humas
  • Senin, 06 April 2020
  • 3186 Tampilan
blank
Gedung Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung.

Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Intan Lampung mengatur proses akademik dan mekanisme pelaksanaan ujian magister dan doktor.

Pelaksanaan ujian ini tentunya menerapkan protokol pencegahan Covid-19 seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Pascasarjana UIN Nomor B-455/Un.16/D/PP.00.9/4/2020 tanggal 30 Maret 2020.

Dalam edaran itu, Direktur PPs Prof Dr Idham Kholid MPd menyampaikan, untuk seminar proposal, ujian tertutup, dan ujian terbuka tesis diupayakan terlaksana secara daring (online). Begitupun untuk seminar proposal dan ujian kualifikasi disertasi dapat dilakukan secara daring.

Sedangkan untuk ujian tertutup dan promosi disertasi, dimungkinkan untuk tatap muka dengan mengikuti mekanisme protokol kesehatan yang semestinya.

Hal ini karena dalam ujian tertutup dan promosi disertasi membutuhkan ruang diskusi yang lebih mendalam, agar kualitas disertasi yang diharapkan dapat tercapai.

“(Ujian promosi) dimungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka untuk menjaga kualitas disertasi yang diuji, walau demikian tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan,” terang Direktur PPs.

Dia juga mewajibkan semua personil yang terlibat dalam ujian tersebut untuk menggunakan masker. Kemudian mengatur jarak antar personil yang terlibat dalam ujian tersebut minimal 1,5 meter dan menyiapkan hand sanitizer di pintu masuk ruang sidang.

Prof Idham juga melarang promovendus agar tidak menghadirkan keluarga atau penonton ke dalam ruang sidang dan tidak menyediakan konsumsi dalam bentuk apapun, kecuali air mineral.

Selama masa social distancing, PPs UIN telah melaksanakan beberapa ujian terbuka tesis secara daring dan akan melaksanakan ujian promosi disertasi secara tatap muka terbatas. (NF/HI)