Pramuka UIN Lampung Gelar Acara Nasional

  • Admin Humas
  • Senin, 22 Agustus 2022
  • 1439 Tampilan
blank
Rektor saat memberikan sambutan Pembukaan Kegiatan Green Campus Scout Competition (GCSC) Tingkat Nasional Tahun 2022.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Raden Intan Lampung, Racana Raden Imba Kesuma Ratu dan Putri Sinar Alam dengan Gugus Depan (Gudep) 09-029 dan 09-030, menggelar Kegiatan Green Campus Scout Competition (GCSC) Tingkat Nasional Tahun 2022 di Bumi Perkemahan UIN Raden Intan Lampung.

Kegiatan yang berlangsung secara Blended Camp (perpaduan perkemahan luring dan daring) ini diikuti oleh ratusan Penegak dan Pandega dari berbagai sekolah dan Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan mengusung tema “Menjadikan Pramuka yang Peduli dan Berwawasan Lingkungan Serta Semangat dalam Meraih Prestasi”.

Upacara pembukaan yang berlangsung meriah dihadiri oleh Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z PhD, dan Kepala Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung, Chusnunia Chalim MSi MKn PhD yang diwakili oleh Waka Kwarda Gerakan Pramuka Lampung, Zulkarnain, SSos MSi dan tamu undangan lain, Senin (22/08/2022).

blank
Pembukaan GCSC secara resmi dengan memainkan gamelan.

Dalam sambutannya Rektor UIN Raden Intan Lampung yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gudep Bandar Lampung 09-29 dan 09-30, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah suatu ajang dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dan konservasi sumber daya alam agar tercipta lingkungan yang kondusif berkelanjutan.

Rektor berharap melalui kegiatan ini generasi muda pramuka bisa menjadi pioner dan tauladan dalam menerapkan prinsip Cinta Lingkungan. “Pramuka harus bisa menjadi pelopor dalam mencintai lingkungan, karena generasi yang kuat berawal dari lingkungan yang sehat, generasi yang tangguh berawal dari lingkungan yang utuh.”, tutup Rektor.

Sementara dalam sambutan tertulisnya Ka Kwarda Gerakan Pramuka Lampung berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian para anggota pramuka untuk selalu berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Para anggota Pramuka harus bisa berperan sebagai garda terdepan dalam mempertahankan eksistensi pelestarian lingkungan hidup”, ujarnya.

Kakwarda juga berpesan agar kegiatan ini bisa menjadi ajang pertemuan untuk menguatkan semangat nasionalisme, patriotisme, dan silaturahmi antar sesama anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama 4 hari, mulai 21 hingga 24 Agustus 2022. Dengan berbagai kegiatan seperti giat lomba, giat materi, giat bakti dan giat penunjang.

Adapun giat lomba terdiri dari lomba film pendek bertema lingkungan, lomba PBB, Esai, Syahril Quran dan solo song bagi Penegak dan Lomba Solo song dan Business Model Canvas bagi Pandega.

Sementara giat materi akan diisi oleh materi antara lain kewirausahaan, jurnalistik dan SDGs. Giat bakti akan dilakukan penanaman pohon, bersih-bersih rumah ibadah dan donor darah, serta Festival layang-layang dan pentas seni sebagai giat penunjang. (An/HI)