Prodi BKPI Gelar Workshop NVivo

  • Admin Humas
  • Selasa, 22 Agustus 2023
  • 364 Tampilan
blank
Dekan, narasumber, dan para peserta Workshop Nvivo, Selasa (22/08)

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung menggelar Workshop Penggunaan Aplikasi NVivo di Gedung ICT, Selasa (22/08/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa lingkungan Prodi BKPI FTK UIN Raden Intan Lampung ini, dilandasi semangat integrasi keilmuan yang dikembangkan UIN Raden Intan Lampung yaitu peningkatan pemahaman dan penguasaan penggunaan teknologi.

NVivo merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data analisis pada penelitian kualitatif. Serta membantu untuk memisahkan data yang bersumber dari informan, peneliti, serta secondary sources (buku, laporan hasil penelitian, artikel-artikel jurnal, isi website, dokumen-dokumen sejarah berita online, prosiding konferensi, catatan lapangan, anotasi bibliografi, dan bahkan jurnal harian peneliti yang tersimpan dalam NVivo).

Workshop tersebut dibuka oleh Dekan FTK UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Hj Nirva Diana MPd secara resmi. Dia berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti workshop sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa. 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber Dr Budi Kadaryanto SPd MA dan fasilitator Dr Fitri Daryanti MSn yang menjelaskan terkait penggunaan Aplikasi NVivo bagi dosen dan mahasiswa Prodi BKPI FTK UIN Raden Intan Lampung Tahun 2023.

blank
Narasumber Dr Budi Kadaryanto SPd MA saat pemaparan materi.

Hal itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (dosen) dan mahasiswa prodi BKPI FTK UIN Raden Intan Lampung sesuai dengan visi, misi, dan tujuan UIN Raden Intan Lampung juga sebagai bentuk penjabaran dari visi, misi, dan tujuan FTK UIN Raden Intan Lampung.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan FTK UIN RIL Dr Guntur Cahaya Kusuma MAg dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTK UIN RIL Prof Dr H Subandi MM, Ketua Prodi BKPI Dr Ali Murtadho MSI dan Sekretaris Prodi Indah Fajriani SPsi MPsi Psikolog.

Ketua Pelaksana, Tika Febriyani MPd mengucapkan terimakasih kepada narasumber, fasilitator, dan seluruh peserta. Dia berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta. (Rls-An/AH)