Home » Berita » Prodi Fisika UIN Gelar Workshop Robotik on Education

Prodi Fisika UIN Gelar Workshop Robotik on Education


HUMAS UIN RIL – Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung menggelar workshop Robotic on Education dengan tema Teknologi Robotika Sebagai Inovasi Kreativitas Generasi Muda. Kegiatan ini diikuti mahasiswa sekitar 55 orang meliputi semester 2, 4 dan 6. Narasumber workshop tersebut yaitu Dosen Fakultas Tehnik Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung Mona Arif Muda ST MT.

Ketua prodi Pendidikan Fisika Dr Yuberti MPd mengatakan, workshop robotic tersebut merupakan kali pertama yang diselenggarakan di UIN khususnya di prodi Pendidikan Fisika. “Tujuannya diantaranya prodi mengharapkan ada produk pembelajaran sains. Produk dari mahasiswa berupa robot, yang nantinya akan dipergunakan untuk publish ilmiah nasional,” kata Yuberti, Rabu (25/4/2018)

Ketua prodi ini berharap, mahasiswa peserta workshop dapat membuat 2 unit robot hasil dari dari kegiatan tersebut. “Agar kreativitas dan inovasi mahasiswa tertuang pada kegiatan workshop ini ya harus ada hasil berupa robot,” ungkapnya.

Tujuan jangka panjang, prodi menargetkan minimal dalam satu semester ada produk robot yang dihasilkan mahasiswa. Selain itu, robot yang diproduksi nantinya harus mencirikan UIN atau ada distingsi sebagai perguruan tinggi islam. “Nilai UIN harus ada. Misalnya ke depan dapat di produksi robot yang bisa mempraktekkan sholat. Atau fungsi-fungsi dari robot lainnya seperti mengeluarkan suara dan nada dasar,” imbuh Yuberti.

Menurutnya, target pembuatan robot tersebut harus orisinil karya nyata dari mahasiswa. “Meskipun sederhana (robotnya), tapi ada nilai yang lebih tinggi yaitu karya sendiri,” tambahnya. Workshop tersebut merupakan rangkaian dari Semarak Expo Fisika 2018 yang berlangsung 23-27 April 2018 di FTK dan Lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Selain workshop, kegiatan lainnya yaitu seminar nasional, lomba cepat tepat jenjang MA/sederajat, lomba da’i dai’ah, lomba adzan, pameran media pembelajaran sains dan lain-lain. (NF/FM/HI)

Sudah dibaca : 426 Kali