Home » Berita » Prodi MPI Targetkan Akreditasi A

Prodi MPI Targetkan Akreditasi A


Dari sebelah kiri, Dr Lantip (Asesor), Dr Samsul Hadi (Asesor), Prof Dr Chairul Anwar (Dekan FTK), Prof Dr Syaiful Anwar (WR III). Foto: Humas

Humas UIN RIL – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melakukan asesmen lapangan di UIN Raden Intan Lampung. Saat ini yang mendapat giiran asesmen yakni Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang dijadwalkan selama dua hari, 26-27 Maret 2018.

Pada asesmen tersebut, pihak prodi dan dekanat menargetkan prodi MPI terakreditasi A. Hal tersebut dijelaskan oleh ketua prodi MPI Dr Subandi MM.

Menurutnya, pihak prodi dan dekanat sudah berupaya meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan serta standar lainnya yang telah ditetapkan BAN-PT. “Maka kami menargetkan dari akreditasi sebelumnya B menjadi A,” ujarnya, senin (26/3).

Subandi pun menyampaikan bahwa MPI telah dan akan mewujudkan pendidikan yang unggul, integratif dan multidisipliner serta mampu mengimplementasikan distingsi entrepreneur. “Ini pembeda kami dengan MPI (pergururan tinggi) lain. Kami coba menerapkan entrepreneur kepada mahasiswa,” terangnya.

Ia menambahkan, peningkatan mutu dan layanan tersebut merupakan arahan dari Rektor dan amanat dari lembaga. “Program dari pak rektor akan meningkatkan mutu universitas dari (akreditasi) B menjadi A. Minimal 60 persen prodi harus A,” ungkapnya.

Ada 7 standar instrumen dari BAN-PT. 7 standar tersebut yaitu visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian;  tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; dan terakhir penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Adapun 2 orang tim asesor BAN-PT yang melakukan asesmen lapangan prodi MPI yaitu Dr Muhammad Samsul Hadi MAg  dan Dr Lantip Diat Prasojo MPd.

Salah satu tim asesor Samsul Hadi mengatakan sudah melihat banyak perkembangan dan kemajuan pada UIN Raden Intan Lampung. “Meski kita sudah dekat, karena teman, kalau dikritik juga biasanya tegas. Ini agar kita semua dapat lebih baik,” kata akademisi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini saat menyampaikan sambutan.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa yang hadir pada pembukaan asesmen tersebut agar jangan apatis terhadap lingkungan sekitar. Samsul mencontohkan agar mahasiswa proaktif dalam proses akademik maupun menjaga kebersihan lingkungan.

“Kampus ini sudah memiliki citra internasional. Saya berharap semoga mahasiswa di sini bisa menjadi penerus bangsa, dapat menjaga dan membawa maju bangsa ini,” tambahnya. (NF/HI)

 

Sudah dibaca : 415 Kali